Rabu, 03 Desember 2014

RPP SMP IPS Masa Pra aksara

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 02)


Sekolah                       : SMP Al Hikmah Kawunganten
Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester         : VII/ 1
Tema                            : Keadaan alam dan aktivitas penduduk indonesia
Sub Tema                      : Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara,
                                       Hindu-Buddha dan Islam
Alokasi Waktu            : 6 Pertemuan (12 JP)

A.    Kompetensi Inti
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator

1.3     Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
1.3.1.Mengucapkan rasa syukur atas keanekaragaman penduduk Indonesia melalui do’a

2.1  Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, santun, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah masa lalu dalam kehidupan sekarang.
2.2.1. Menunjukkan perilaku jujur saat  melakukan kegiatan pembelajaran
2.2.2.Menunjukkan perilaku  disiplin pada  saat  melakukan diskusi/presentasi
2.2.3. Menunjukkan sikap tanggung jawab pada tugas yang telah diberikan
2.2.4.Memelihara hubungan baik dengan teman sekelas

3.2  Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
3.2.1.Mendeskripsikan kehidupan praaksara dalam masa berburu dan mengumpulkan makanan
3.2.2.Mendeskripsikan kehidupan praaksara dalam masa bercocok tanam
3.2.3.Mendeskripsikan kehidupan praaksara dalam masa perundagian
3.2.4.Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang agama
3.2.5.Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang politik
3.2.6.Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang sosial
3.2.7.Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang pendidikan
3.2.8.Memberikan contoh hasil budaya pada Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang sastra dan bahasa
3.2.9.Memberikan contoh hasil budaya pada  Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang arsitektur
3.2.10. Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang agama
3.2.11.Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang politik
3.2.12.Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang sosial
3.2.13.Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang pendidikan
3.2.14.Memberikan contoh hasil budaya pada Kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang sastra dan bahasa
3.2.15.Memberikan contoh hasil budaya pada Kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang arsitektur dan seni


4.1  Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
4.1.1.Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusi tentang  kehidupan masyarakat Indonesia masa pra aksara
4.1.2.Mempresentasikan hasil diskusi tentang  kehidupan masyarakat Indonesia masa pra aksara
4.1.3.Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusi tentang  kehidupan masyarakat Indonesia masa Hindu dan Buddha
4.1.4.Mempresentasikan hasil diskusi tentang  kehidupan masyarakat Indonesia masa Hindu dan Buddha
4.1.5.Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusi tentang  kehidupan masyarakat Indonesia masa Islam
4.1.6.Mempresentasikan hasil diskusi tentang  kehidupan masyarakat Indonesia masa Islam



C.    Tujuan Pembelajaran
1.     Kompetensi Sikap Spiritual
a.   Mengucapkan rasa syukur atas keanekaragaman penduduk Indonesia melalui do’a
2.     Kompetensi Sikap Sosial
a.     Menunjukkan perilaku jujur saat  melakukan kegiatan pembelajaran
b.     Menunjukkan perilaku  disiplin pada  saat  melakukan diskusi/presentasi
c.     Menunjukkan sikap tanggung jawab pada tugas yang telah diberikan
d.     Memelihara hubungan baik dengan teman sekelas



3.     Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
Pertemuan 1 dan 2
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
a.     Mendeskripsikan kehidupan praaksara dalam masa berburu dan mengumpulkan makanan
b.     Mendeskripsikan kehidupan praaksara dalam masa bercocok tanam
c.     Mendeskripsikan kehidupan praaksara dalam masa perundagian
d.     Mempresentasikan hasil diskusi tentang kehidupan masyarakat pada pra aksara

Pertemuan 3 dan 4
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
a.     Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang agama
b.     Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang politik
c.     Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang sosial
d.     Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang pendidikan
e.     Memberikan contoh hasil budaya pada  Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang sastra dan bahasa
f.      Memberikan contoh hasil budaya pada Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang arsitektur
g.     Mempresentasikan hasil diskusi tentang kehidupan masyarakat pada Hindu dan Buddha

Pertemuan 5 dan 6
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
a.     Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang agama
b.     Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang politik
c.     Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang sosial
d.     Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang pendidikan
e.     Memberikan contoh hasil budaya pada Kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang sastra dan bahasa
f.      Memberikan contoh hasil budaya pada kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang arsitektur dan seni
g.     Mempresentasikan hasil diskusi tentang kehidupan masyarakat pada Islam

D.    Materi Pembelajaran
1.     kehidupan praaksara
-       masa berburu dan mengumpulkan makanan
-       masa bercocok tanam
-       masa perundagian
2.     Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha
-       Kehidupan di bidang agama
-       Kehidupan di bidang politik
-       Kehidupan di bidang sosial
-       Kehidupan di bidang pendidikan
-       Kehidupan di bidang sastra dan bahasa
-       Kehidupan di bidang arsitektur
3.     Kehidupan masyarakat Masa Islam
-       Kehidupan di bidang agama
-       Kehidupan di bidang politik
-       Kehidupan di bidang sosial
-       Kehidupan di bidang pendidikan
-       Kehidupan di bidang sastra dan bahasa
-       Kehidupan di bidang arsitektur dan seni


E.      Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Saintifik
2.   Model coopertive learning

F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.   Media
a.   Film tentang masa praaksara
b.   Gambar tentang masa pra aksara
c.    Gambar berkaitan tentang kehidupan masa Hindu dan Buddha
d.   Gambar berkaitan tentang kehidupan masa Islam
e.   Lembar kerja siswa  
2.   Alat dan Bahan:
a.   LCD Proyektor
b.   Laptop/Komputer
3.  Sumber Pembelajaran:
a.   KEMENDIKBUD. 2014. Buku Siswa. Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas VII. Jakarta:KEMENDIKBUD (hal 41- 47)
b.   KEMENDIKBUD. 2014. Buku Guru. Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas VII. Jakarta: KEMENDIKBUD (hal 95-102)
c.   Internet
d.   Majalah
e.   Buku Buku yang relevan

G.    Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
1.    Pertemuan Kesatu
a.   Pendahuluan ( 10 menit )
1)   Guru memberi salam.
2)   Guru mengecek kehadiran siswa.
3)   Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
4)    Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 5 - 6 orang.
b.     Kegiatan inti ( 60 menit )
(1)     Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Peserta didik mengamati peta persebaran manusia pra aksara dan menanyakan tentang gambar kehidupan manusia pada praaksara.
(2)     Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang kehidupan manusia pada masa pra aksara, hasil budaya dan masalah yang mereka hadapi dalam pemenuhan kehidupan. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar.

Guru bersama peserta didik menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Contoh pertanyaan :
-       Asal manusia purba di Indonesia
-       Apa saja hasil budaya masa bercocok tanam
-       Apa saja hasil budaya masa perundagian
(3)     Pengumpulan Data/informasi
a)    Peserta didik membaca buku teks pelajaran / referensi lain yang relevan tentang kehidupan manusia pada masa pra aksara.
b)    Peserta didik menelaah kehidupan manusia pada masa pra aksara
(4)     Mengasosiasi (Pengolahan Data)
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan pembelajaran.

c.     Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1)     Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)     Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)     Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)     Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)     Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
6)     Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi dan  gambar terkait dengan bahan diskusi minggu depan untuk melengkapi informasi

2.    Pertemuan Kedua
a.     Pendahuluan  ( 10 menit )
1)    Guru memberi salam.
2)    Guru mengecek kehadiran siswa.
3)    Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4)    Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)    Guru memberi stimulasi dengan menunjukkan film singkat masa pra aksara.
b.     Kegiatan inti ( 50 menit )
Pembelajaran melanjutkan kegiatan pertemuan sebelumnya, yakni langkah ke:
1)      Mengkomunikasikan
a)   Siswa mempresentasi hasil diskusi masing-masing kelompok, siswa yang lain   menanggapi, bertanya dan menjawab.
b)   Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa dengan sumber referensi yang ada.
c)   Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa sebagai kesimpulan.
d)   Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c. Kegiatan Penutup  ( 20 menit )
1)         Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)         Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)          Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)         Peserta mengumpulkan hasil diskusi
5)         Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
6)         Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang tanggung jawab.

3.    Pertemuan Ketiga
a    Pendahuluan ( 10 menit )
1)   Guru memberi salam.
2)   Guru mengecek kehadiran siswa.
3)    Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
4)     Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 5 - 6 orang.
b.     Kegiatan inti  ( 60 menit )
(1)    Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Peserta didik mengamati gambar gambar yang berkaitan dengan masa Hindu dan Buddha  dan menanyakan tentang gambar kehidupan manusia pada masa tersebut.
(2)    Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang kehidupan manusia pada masa Hindu dan Buddha, hasil budaya dan masalah yang mereka hadapi dalam pemenuhan kehidupan. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar.
Guru bersama peserta didik menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Contoh pertanyaan :
-       Dari mana asal Agama Hindu dan Buddha
-       Apa saja kerajaan di Indonesia yang bercorak Hindu
-       Apa saja kerajaan di Indonesia yang bercorak Buddha
(3)    Pengumpulan Data/informasi
a.     Peserta didik membaca buku teks pelajaran / referensi lain yang relevan tentang kehidupan manusia pada masa Hindu dan Buddha.
b.     Peserta didik menelaah kehidupan manusia pada masa Hindu dan Buddha
(4)    Mengasosiasi (Pengolahan Data)
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan pembelajaran.
a      Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1)    Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)    Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)    Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)    Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)    Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
6)    Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi dan  gambar terkait dengan bahan diskusi minggu depan untuk melengkapi informasi

4.    Pertemuan Ke empat
a.     Pendahuluan ( 10 menit )
1)    Guru memberi salam.
2)    Guru mengecek kehadiran siswa.
3)    Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4)    Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)    Guru memberi stimulasi dengan menunjukkan gambar gambar kerajaan pada masa Hindu Buddha.
b.     Kegiatan inti ( 55 menit )
Pembelajaran melanjutkan kegiatan pertemuan sebelumnya, yakni langkah ke:
1)    Mengkomunikasikan
a)    Siswa mempresentasi hasil diskusi masing-masing kelompok, siswa yang lain   menanggapi, bertanya dan menjawab.
b)    Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa dengan sumber referensi yang ada.
c)     Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa sebagai kesimpulan.
d)    Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1)    Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)    Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)     Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)    Peserta mengumpulkan hasil diskusi
5)    Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
6)    Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang tanggung jawab.

5.    Pertemuan Kelima
a    Pendahuluan ( 10 menit )
1)   Guru memberi salam.
2)   Guru mengecek kehadiran siswa.
3)    Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
4)     Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 5 - 6 orang.
b      Kegiatan inti ( 60 menit )
1)    Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan masa Islam  dan menanyakan tentang gambar kehidupan manusia pada masa Islam
2)      Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang kehidupan manusia pada masa Islam, hasil budaya ,Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar.
Guru bersama peserta didik menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Contoh pertanyaan :
-       Bagaimana Islam Masuk Di Indonesia
-       Sebutkan kerajaan yang ada pada masa Islam
-       Apa saja hasil budaya di bidang seni masa Islam
3)    Pengumpulan Data/informasi
1)    Peserta didik membaca buku teks pelajaran / referensi lain yang relevan tentang kehidupan manusia pada masa Islam.
2)    Peserta didik menelaah kehidupan manusia pada masa Islam
4)    Mengasosiasi (Pengolahan Data)
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan pembelajaran.
c      Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1)    Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)    Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)    Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)    Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)    Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
6)    Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi dan  gambar terkait dengan bahan diskusi minggu depan untuk melengkapi informasi

6.    Pertemuan Ke enam
a.     Pendahuluan ( 10 menit )
1)    Guru memberi salam.
2)    Guru mengecek kehadiran siswa.
3)    Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4)    Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)    Guru memberi stimulasi dengan menunjukkan film singkat masa pra aksara.
b.     Kegiatan inti  ( 55 menit )
Pembelajaran melanjutkan kegiatan pertemuan sebelumnya, yakni langkah ke:
1)    Mengkomunikasikan
a)    Siswa mempresentasi hasil diskusi masing-masing kelompok, siswa yang lain   menanggapi, bertanya dan menjawab.
b)    Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa dengan sumber referensi yang ada.
c)     Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa sebagai kesimpulan.
d)    Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
       c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1)    Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)    Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)     Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)    Peserta mengumpulkan hasil diskusi
5)    Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
6)    Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang tanggung jawab.

H.      Penilaian
1.    Kompetensi Sikap Spiritual
a.   Teknik Penilaian: Observasi
b.   Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.   Kisi-kisi:

No
Butir Nilai
Indikator
Butir instrumen
1
Menghargai karuniaTuhan YME yang telah menciptakan keanekaragaman penduduk  Indonesia
Mengucapkan rasa syukur atas Keanekaragaman penduduk Indonesia melalui doa
1

-       Instrumen: lihat Lampiran
-       Petunjuk Penentuan Nilai: Lihat Lampiran

2.      Kompetensi Sikap Sosial
a.   Teknik Penilaian: Observasi
b.   Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.   Kisi-kisi:
No
Sikap / Nilai
Butir Instrumen
1
Menunjukkan perilaku jujur saat  melakukan kegiatan pembelajaran
1
2
Menunjukkan perilaku  disiplin pada  saat  melakukan diskusi/presentasi
1
3
Menunjukkan sikap tanggung jawab pada tugas yang telah diberikan
1
4
Memelihara hubungan baik dengan teman sekelas
1

-       Instrumen: lihat Lampiran
-       Penentuan Skor: lihat lampiran







3.    Kompetensi Pengetahuan
a.     Teknik penilaian : Tes tertulis
b.     Bentuk instrumen: Tes uraian
c.     Kisi - kisi

No
Indikator
Jml soal
No Soal
1
Disajikan soal uraian yang berkaitan dengan  kehidupan masa Pra aksara
3
1-3
2
Disajikan soal uraian yang berkaitan dengan  kehidupan masa Hindu Buddha
3
4-6
3
Disajikan soal uraian yang berkaitan dengan  kehidupan masa Islam
4
7-10

-       Instrumen: lihat Lampiran
-       Petunjuk (Rubrik) Penentuan Skor: Lihat Lampiran

4.    Kompetensi Keterampilan
a.     Teknik Penilaian:  Observasi
b.     Bentuk Instrumen:   check list
c.     Kisi-kisi:

No
Indikator
Butir instrumen
1
Mempresentasikan pengetahuan peserta didik mengenai kehidupan manusia masa praaksara. Masa Hindu – Buddha dan Masa Islam
3
2
Aktifitas siswa dalam kegiatan diskusi kelompok
4

-       Instrumen: lihat Lampiran
-       Petunjuk Penentuan Skor: Lihat Lampiran.



                        Cilacap,
                                               
Mengetahui
Kepala SMP Al Hikmah kawunganten                                                       Guru Mata Pelajaran



Akhmad Marzuki, S.Ag.                                                                                      Insan Prasetiyo
NIP.                                                                                                                  NIP.



Lampiran 1: Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual

No
Nama Peserta didik
Indikator
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
( 1 – 4 )
















Kisi – kisi indikator berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran :
1.     Berdoa dengan tidak sungguh – sungguh
2.     Kadang – kadang berdoa dengan sungguh – sungguh
3.     Sering berdoa dengan sungguh – sungguh
4.     Selalu berdoa dengan sungguh – sungguh

Petunjuk penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai
Baik sekali   : memperoleh skor 4
Baik            : memperoleh skor 3
Cukup         : memperoleh skor 2
Kurang        : memperoleh skor 1
Lampiran 2: Instrumen Penilaian Sikap Sosial
No
Nama Peserta Didik
Indikator
Jumlah Skor
Menunjukkan perilaku jujur saat  melakukan kegiatan pembelajaran
( 1 – 4 )
Menunjukkan perilaku  disiplin pada  saat  melakukan diskusi/presentasi
( 1 – 4 )
Menunjukkan sikap tanggung jawab pada tugas yang telah diberikan
( 1 – 4 )
Memelihara hubungan baik dengan teman sekelas
( 1 – 4 )






















Kisi – kisi sikap sosial perilaku jujur saat  melakukan kegiatan pembelajaran
Deskriptor
Skor
Tidak pernah jujur
1
Kadang – kadang jujur
2
Sering jujur
3
Selalu jujur
4

Kisi – kisi sikap sosial perilaku  disiplin pada  saat  melakukan diskusi/presentasi
Deskriptor
Skor
Tidak pernah disiplin
1
Kadang – kadang disiplin
2
Sering disiplin
3
Selalu disiplin
4

Kisi – kisi sikap sosial sikap tanggung jawab pada tugas yang telah diberikan
Deskriptor
Skor
Tidak pernah tanggung jawab
1
Kadang – kadang tanggung jawab
2
Sering tanggung jawab
3
Selalu tanggung jawab
4

Kisi – kisi sikap sosial Memelihara hubungan baik dengan teman sekelas
Deskriptor
Skor
Tidak pernah ramah pada teman
1
Kadang – kadang ramah pada teman
2
Sering ramah pada teman
3
Selalu ramah pada teman
4

Petunjuk penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai ( jumlah skor )
Baik sekali         : memperoleh skor 13 - 16
Baik                  : memperoleh skor 9 - 12
Cukup               : memperoleh skor 4 - 8
Kurang              : memperoleh skor 1- 3
Lampiran 3: Instrumen Penilaian Pengetahuan
a.     Penilaian Pengetahuan
No
Butir Pertanyaan
1
Sebutkan salah satu ciri kehidupan pada masa prasejarah….
2
Sebutkan 2 hasil budaya masa bercocok tanam….

3
Sebutkan ras manusia purba yang hidup di masa perundagian….
4
Agama Hindu dan Buddha yang masuk ke Indonesia akibat adanya hubungan perdagangan dengan negara…..

5
Sebutkan 3 kerajaan di Indonesia yang bercorak Hindu….

6
Sebutkan 2 Candi di Indonesia yang bercorak Buddha….
7
Sebutkan kerajaan pertama Islam di Jawa….

8
Sebutkan 3 kerajaan di pulau jawa yang bercorak agama Islam….

9
Sampai sekarang lembaga pendidikan islam yang masih berkembang di masyarakat adalah….
10
Sebutkan nama masjid yang arsitekturnya dipengaruhi oleh budaya Hindu
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 10, maka
Nilai pengetahuan = Jumlah nilai yang diperoleh



Kunci Jawaban

No
Butir Pertanyaan
Kunci Jawaban
Bobot
Skor
1
Sebutkan salah satu ciri kehidupan pada masa prasejarah….
-       Nomaden
-       Hasil budaya masih kasar
-       Food gathering

10
2
Sebutkan 2 hasil budaya masa bercocok tanam….

-       Kapak persegi
-       Kapak lonjong
-       Mata panah
-       Gerabah

10
3
Sebutkan ras manusia purba yang hidup di masa perundagian….
Australomelanesoid dan Mongoloid

10
4
Agama Hindu dan Buddha yang masuk ke Indonesia akibat adanya hubungan perdagangan dengan negara…..

Negara India


10
5
Sebutkan 3 kerajaan di Indonesia yang bercorak Hindu….

Kutai, Tarumanegara, Singasari

10
6
Sebutkan 2 Candi di Indonesia yang bercorak Buddha….
Borobudur, mendut

10
7
Sebutkan kerajaan pertama Islam di Jawa….

Demak

10
8
Sebutkan 3 kerajaan di pulau jawa yang bercorak agama Islam….

Pajang, Mataram, Demak

10
9
Sampai sekarang lembaga pendidikan islam yang masih berkembang di masyarakat adalah….
Pesantren

10
10
Sebutkan nama masjid yang arsitekturnya dipengaruhi oleh budaya Hindu
Masjid Demak, Masjid Banten

10
Total Bobot
100
100
Pedoman Penskoran :
Nilai Akhir Siswa  =
 x 100   atau skor yang diperoleh di bagi 10







Lampiran 4: Penilaian Kompetensi Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No

Nama peserta didik
Aspek yang dinilai
Jumlah nilai
Kelayakan isi
 (1-4)
Penyajian
(1-4)
Bahasa
(1-4)



































Dst






Keterangan
Kelayakan isi               : keakuratan materi dan kemutakhiran
Penyajian        : keterlibatan peserta didik untuk aktif dan disajikan secara konstektual
Bahasa            : Jelas, mudah dipahami dan komunikatif

Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4= Amat Baik
 x 3    atau skor yang diperoleh di bagi 3
Tabel :Konversi Penilaian Kompetensi Sikap sesuai permendikbud no 81 A/ th 2013

No.
Skor
Predikat
1
3,50 < x ≤ 4,00
Sangat Baik (SB)
2
2,50 < x ≤ 3,50
Baik (B)
3
1,50 < x ≤ 2,50
Cukup (C)
4
1,00 < x ≤ 1,50
Kurang (K)


Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
Nama
Mengomuni
kasikan
(1-4)
Mendengar
kan
(1-4)
Berargu
mentasi
(1-4)
Berkontri
busi
(1-4)
Jumlah nilai
1





2






3






4






5






Dst







Keterangan :
a.     Berdiskusi : Mengacu pada ketrampilan mengolah fakta dan menalar (associating) yakni membandingkan fakta yang telah diolahnya (data) dengan konsep yang ada sehingga dapat ditarik kesimpulan dan atau ditemukannya sebuah prinsip penting. Ketrampilan berdiskusi meliputi ketrampilan mengkomunikasikan (communication Skill), mendengarkan (listening skill), ketrampilan berargumentasi (arguing skill), dan ketrampilan berkontribusi (contributing skill).
b.     Ketrampilan mengkomunikasikan adalah kemampuan siswa untuk mengungkapkan atau menyampaikan ide atau gagasan dengan bahasa lisan yang efektif.
c.     Ketrampilan mendengarkan dipahami sebagai kemampuan siswa untuk tidak menyela, memotong, atau menginterupsi pembicaraan seseorang ketika sedang mengungkapkan gagasannya.
d.     Kemampuan berargumentasi menunjukkan kemampuan siswa dalam mengemukakan argumentasi logis (tanpa fallacy atau sesat pikir) ketika ada pihak yang bertanya atau mempertanyakan gagasannya. 
e.    Kemampuan berkontribusi  dimaksudkan sebagai kemampuan siswa memberikan gagasan-gagasan yang mendukung atau mengarah ke penarikan kesimpulan termasuk di dalamnya menghargai perbedaan pendapat.

Keterangan :
Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4= Amat Baik

 x 4  atau skor yang diperoleh di bagi 4
Tabel :Konversi Penilaian Kompetensi Sikap sesuai permendikbud no 81 A/ th 2013

No.
Skor
Predikat
1
3,50 < x ≤ 4,00
Sangat Baik (SB)
2
2,50 < x ≤ 3,50
Baik (B)
3
1,50 < x ≤ 2,50
Cukup (C)
4
1,00 < x ≤ 1,50
Kurang (K)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar