RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 02)
Sekolah :
SMP Al Hikmah Kawunganten
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :
VII/ 1
Tema :
Keadaan alam dan aktivitas penduduk indonesia
Sub Tema : Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia pada
Masa Praaksara,
Hindu-Buddha dan Islam
Alokasi Waktu :
6 Pertemuan (12 JP)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajaridi sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1.3
Menghayati
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
|
1.3.1.Mengucapkan
rasa syukur atas keanekaragaman penduduk Indonesia melalui do’a
|
|
2.1 Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung
jawab, peduli, santun, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh
tokoh-tokoh sejarah masa lalu dalam kehidupan sekarang.
|
2.2.1.
Menunjukkan perilaku jujur saat
melakukan kegiatan pembelajaran
2.2.2.Menunjukkan
perilaku disiplin pada
saat melakukan
diskusi/presentasi
2.2.3. Menunjukkan sikap tanggung jawab pada tugas yang
telah diberikan
2.2.4.Memelihara hubungan
baik dengan teman sekelas
|
|
3.2 Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
dan politik
|
3.2.1.Mendeskripsikan kehidupan praaksara dalam masa berburu dan
mengumpulkan makanan
3.2.2.Mendeskripsikan kehidupan praaksara dalam masa bercocok tanam
3.2.3.Mendeskripsikan kehidupan praaksara dalam masa perundagian
3.2.4.Mendeskripsikan Kehidupan
masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang agama
3.2.5.Mendeskripsikan Kehidupan
masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang politik
3.2.6.Mendeskripsikan Kehidupan
masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang sosial
3.2.7.Mendeskripsikan Kehidupan
masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang pendidikan
3.2.8.Memberikan contoh hasil
budaya pada Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang sastra dan
bahasa
3.2.9.Memberikan contoh hasil
budaya pada Kehidupan masyarakat Masa
Hindu dan Buddha di bidang arsitektur
3.2.10. Mendeskripsikan
Kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang agama
3.2.11.Mendeskripsikan Kehidupan
masyarakat Masa Islam di bidang politik
3.2.12.Mendeskripsikan Kehidupan
masyarakat Masa Islam di bidang sosial
3.2.13.Mendeskripsikan Kehidupan
masyarakat Masa Islam di bidang pendidikan
3.2.14.Memberikan contoh hasil
budaya pada Kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang sastra dan bahasa
3.2.15.Memberikan contoh hasil
budaya pada Kehidupan masyarakat Masa Islam di bidang arsitektur dan seni
|
|
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil
kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu
buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang
masih hidup dalam masyarakat sekarang
|
4.1.1.Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusi tentang kehidupan masyarakat Indonesia masa pra
aksara
4.1.2.Mempresentasikan
hasil diskusi tentang kehidupan masyarakat
Indonesia masa pra aksara
4.1.3.Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusi tentang kehidupan masyarakat Indonesia masa Hindu
dan Buddha
4.1.4.Mempresentasikan
hasil diskusi tentang kehidupan masyarakat
Indonesia masa Hindu dan Buddha
4.1.5.Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusi tentang kehidupan masyarakat Indonesia masa Islam
4.1.6.Mempresentasikan
hasil diskusi tentang kehidupan masyarakat
Indonesia masa Islam
|
1.
Kompetensi Sikap Spiritual
a.
Mengucapkan rasa syukur atas keanekaragaman penduduk Indonesia melalui
do’a
2.
Kompetensi Sikap Sosial
a. Menunjukkan
perilaku jujur saat melakukan kegiatan pembelajaran
b. Menunjukkan
perilaku disiplin pada saat melakukan diskusi/presentasi
c. Menunjukkan
sikap tanggung jawab pada tugas yang telah diberikan
d. Memelihara hubungan baik dengan teman sekelas
3.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
Pertemuan 1 dan 2
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik
dapat:
a.
Mendeskripsikan kehidupan praaksara dalam masa berburu dan mengumpulkan
makanan
b.
Mendeskripsikan kehidupan praaksara dalam masa bercocok tanam
c.
Mendeskripsikan kehidupan praaksara dalam masa perundagian
d. Mempresentasikan hasil diskusi tentang kehidupan masyarakat pada pra
aksara
Pertemuan 3 dan 4
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik
dapat:
a.
Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa
Hindu dan Buddha di bidang agama
b.
Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa
Hindu dan Buddha di bidang politik
c.
Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa Hindu
dan Buddha di bidang sosial
d.
Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa
Hindu dan Buddha di bidang pendidikan
e.
Memberikan contoh hasil budaya pada Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha di
bidang sastra dan bahasa
f.
Memberikan contoh hasil budaya pada Kehidupan
masyarakat Masa Hindu dan Buddha di bidang arsitektur
g. Mempresentasikan hasil diskusi tentang kehidupan masyarakat pada Hindu
dan Buddha
Pertemuan 5 dan 6
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik
dapat:
a.
Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa
Islam di bidang agama
b.
Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa
Islam di bidang politik
c.
Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa
Islam di bidang sosial
d.
Mendeskripsikan Kehidupan masyarakat Masa
Islam di bidang pendidikan
e.
Memberikan contoh hasil budaya pada Kehidupan
masyarakat Masa Islam di bidang sastra dan bahasa
f.
Memberikan contoh hasil budaya pada kehidupan
masyarakat Masa Islam di bidang arsitektur dan seni
g.
Mempresentasikan hasil diskusi tentang
kehidupan masyarakat pada Islam
D.
Materi Pembelajaran
-
masa berburu dan mengumpulkan makanan
-
masa bercocok tanam
-
masa perundagian
2.
Kehidupan masyarakat Masa Hindu dan Buddha
-
Kehidupan di bidang agama
-
Kehidupan di bidang politik
-
Kehidupan di bidang sosial
-
Kehidupan di bidang pendidikan
-
Kehidupan di bidang sastra dan bahasa
-
Kehidupan di bidang arsitektur
3.
Kehidupan masyarakat Masa Islam
-
Kehidupan di bidang agama
- Kehidupan di bidang politik
- Kehidupan di bidang sosial
- Kehidupan di bidang pendidikan
- Kehidupan di bidang sastra dan bahasa
- Kehidupan di bidang arsitektur dan seni
E.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Saintifik
2.
Model coopertive learning
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Film tentang masa praaksara
b.
Gambar tentang masa pra aksara
c.
Gambar berkaitan tentang kehidupan masa Hindu dan Buddha
d.
Gambar berkaitan tentang kehidupan masa Islam
e.
Lembar kerja siswa
2.
Alat dan Bahan:
a.
LCD Proyektor
b.
Laptop/Komputer
3. Sumber Pembelajaran:
a. KEMENDIKBUD. 2014. Buku Siswa. Ilmu
Pengetahuan Sosial. Kelas VII. Jakarta:KEMENDIKBUD (hal 41- 47)
b.
KEMENDIKBUD. 2014. Buku Guru. Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas VII.
Jakarta: KEMENDIKBUD (hal 95-102)
c.
Internet
d.
Majalah
e.
Buku Buku yang relevan
G.
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
1.
Pertemuan Kesatu
a.
Pendahuluan ( 10 menit )
1)
Guru memberi salam.
2)
Guru mengecek kehadiran siswa.
4)
Peserta didik dibagi menjadi
beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 5 - 6 orang.
b. Kegiatan inti ( 60 menit )
(1)
Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Peserta didik mengamati peta persebaran manusia pra aksara dan
menanyakan tentang gambar kehidupan manusia pada praaksara.
(2)
Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang kehidupan manusia
pada masa pra aksara, hasil budaya dan masalah yang mereka hadapi dalam
pemenuhan kehidupan. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada
pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar.
Guru bersama peserta didik menentukan pertanyaan yang
sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan yang belum sesuai
dengan tujuan pembelajaran.
Contoh pertanyaan :
-
Asal manusia purba di
Indonesia
-
Apa saja hasil budaya
masa bercocok tanam
-
Apa saja hasil budaya
masa perundagian
(3)
Pengumpulan Data/informasi
a) Peserta didik membaca buku teks pelajaran / referensi lain yang relevan
tentang kehidupan manusia pada masa pra aksara.
b)
Peserta didik
menelaah kehidupan manusia pada masa pra aksara
(4) Mengasosiasi (Pengolahan Data)
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada,
internet untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan
terkait dengan tujuan pembelajaran.
c. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1)
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum
dipahami.
2)
Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta
didik.
3)
Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)
Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran
terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
6)
Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi
dan gambar terkait dengan bahan diskusi minggu depan untuk
melengkapi informasi
2.
Pertemuan Kedua
a.
Pendahuluan ( 10 menit )
1)
Guru memberi salam.
2)
Guru mengecek kehadiran siswa.
3)
Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
4)
Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran
dari guru.
5)
Guru memberi stimulasi dengan menunjukkan
film singkat masa pra aksara.
b.
Kegiatan inti ( 50 menit )
Pembelajaran melanjutkan kegiatan pertemuan
sebelumnya, yakni langkah ke:
1) Mengkomunikasikan
a)
Siswa mempresentasi hasil diskusi masing-masing
kelompok, siswa yang lain menanggapi,
bertanya dan menjawab.
b)
Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa
dengan sumber referensi yang ada.
c)
Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa
sebagai kesimpulan.
d)
Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c. Kegiatan Penutup ( 20 menit )
1)
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum
dipahami.
2)
Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta
didik.
3)
Pesera didik diberi pertanyaan
lisan.
4)
Peserta mengumpulkan hasil diskusi
5)
Peserta
didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan
penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
6)
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang tanggung
jawab.
3.
Pertemuan Ketiga
a Pendahuluan ( 10 menit )
1)
Guru memberi salam.
2)
Guru mengecek kehadiran siswa.
3)
Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran
dari guru.
4)
Peserta didik dibagi menjadi
beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 5 - 6 orang.
b. Kegiatan inti ( 60 menit )
(1)
Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Peserta didik mengamati gambar
gambar yang berkaitan dengan masa Hindu dan Buddha dan menanyakan tentang gambar kehidupan
manusia pada masa tersebut.
(2)
Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang kehidupan manusia
pada masa Hindu dan Buddha, hasil budaya dan masalah yang mereka hadapi dalam pemenuhan
kehidupan. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke
pencapaian kompetensi dasar.
Guru bersama peserta didik menentukan pertanyaan yang
sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan yang belum sesuai
dengan tujuan pembelajaran.
Contoh pertanyaan :
-
Dari mana asal Agama
Hindu dan Buddha
-
Apa saja kerajaan di
Indonesia yang bercorak Hindu
-
Apa saja kerajaan di
Indonesia yang bercorak Buddha
(3)
Pengumpulan Data/informasi
a.
Peserta didik membaca buku teks pelajaran /
referensi lain yang relevan tentang kehidupan manusia pada masa Hindu dan
Buddha.
b.
Peserta didik menelaah kehidupan manusia pada
masa Hindu dan Buddha
(4) Mengasosiasi (Pengolahan Data)
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada,
internet untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan
terkait dengan tujuan pembelajaran.
a Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1)
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum
dipahami.
2)
Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta
didik.
3)
Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)
Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran
terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
6)
Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi
dan gambar terkait dengan bahan diskusi minggu depan untuk
melengkapi informasi
4.
Pertemuan Ke empat
a.
Pendahuluan ( 10 menit )
1)
Guru memberi salam.
2)
Guru mengecek kehadiran siswa.
3)
Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
4)
Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran
dari guru.
5)
Guru memberi stimulasi dengan menunjukkan
gambar gambar kerajaan pada masa Hindu Buddha.
b.
Kegiatan inti ( 55 menit )
Pembelajaran melanjutkan kegiatan pertemuan
sebelumnya, yakni langkah ke:
1)
Mengkomunikasikan
a)
Siswa mempresentasi hasil diskusi masing-masing
kelompok, siswa yang lain menanggapi,
bertanya dan menjawab.
b)
Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa
dengan sumber referensi yang ada.
c)
Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa
sebagai kesimpulan.
d)
Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1)
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum
dipahami.
2)
Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta
didik.
3)
Pesera didik diberi pertanyaan
lisan.
4)
Peserta mengumpulkan hasil diskusi
5)
Peserta
didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan
penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
6)
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang tanggung
jawab.
5. Pertemuan Kelima
a Pendahuluan ( 10 menit )
1)
Guru memberi salam.
2)
Guru mengecek kehadiran siswa.
3)
Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran
dari guru.
4)
Peserta didik dibagi menjadi
beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 5 - 6 orang.
b Kegiatan inti ( 60 menit )
1)
Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan masa Islam dan menanyakan tentang gambar kehidupan
manusia pada masa Islam
2)
Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang kehidupan manusia
pada masa Islam, hasil budaya ,Pada saat yang sama guru mengarahkan pada
pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar.
Guru bersama peserta didik menentukan pertanyaan yang
sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan yang belum sesuai
dengan tujuan pembelajaran.
Contoh pertanyaan :
-
Bagaimana Islam Masuk
Di Indonesia
-
Sebutkan kerajaan
yang ada pada masa Islam
-
Apa saja hasil budaya
di bidang seni masa Islam
3)
Pengumpulan Data/informasi
1) Peserta didik membaca buku teks pelajaran / referensi lain yang relevan
tentang kehidupan manusia pada masa Islam.
2)
Peserta didik
menelaah kehidupan manusia pada masa Islam
4) Mengasosiasi (Pengolahan Data)
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada,
internet untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan
terkait dengan tujuan pembelajaran.
c Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1)
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum
dipahami.
2)
Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta
didik.
3)
Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)
Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran
terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
6)
Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi
dan gambar terkait dengan bahan diskusi minggu depan untuk
melengkapi informasi
6.
Pertemuan Ke enam
a.
Pendahuluan ( 10 menit )
1)
Guru memberi salam.
2)
Guru mengecek kehadiran siswa.
3)
Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
4)
Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran
dari guru.
5)
Guru memberi stimulasi dengan menunjukkan
film singkat masa pra aksara.
b.
Kegiatan inti ( 55 menit )
Pembelajaran melanjutkan kegiatan pertemuan
sebelumnya, yakni langkah ke:
1)
Mengkomunikasikan
a)
Siswa mempresentasi hasil diskusi masing-masing
kelompok, siswa yang lain menanggapi,
bertanya dan menjawab.
b)
Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa
dengan sumber referensi yang ada.
c)
Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa
sebagai kesimpulan.
d)
Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
1)
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum
dipahami.
2)
Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta
didik.
3)
Pesera didik diberi pertanyaan
lisan.
4)
Peserta mengumpulkan hasil diskusi
5)
Peserta
didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan
penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
6)
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang tanggung
jawab.
H.
Penilaian
1.
Kompetensi Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian: Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
No
|
Butir
Nilai
|
Indikator
|
Butir
instrumen
|
1
|
Menghargai karuniaTuhan YME yang telah menciptakan keanekaragaman penduduk Indonesia
|
Mengucapkan rasa syukur atas Keanekaragaman penduduk Indonesia melalui doa
|
1
|
- Instrumen: lihat Lampiran
- Petunjuk Penentuan Nilai: Lihat Lampiran
2.
Kompetensi Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian: Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
Sikap / Nilai
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Menunjukkan
perilaku jujur
saat melakukan kegiatan pembelajaran
|
1
|
2
|
Menunjukkan
perilaku disiplin pada saat
melakukan diskusi/presentasi
|
1
|
3
|
Menunjukkan sikap tanggung jawab pada tugas yang telah diberikan
|
1
|
4
|
Memelihara hubungan baik dengan teman sekelas
|
1
|
- Instrumen: lihat Lampiran
- Penentuan Skor: lihat lampiran
3. Kompetensi Pengetahuan
a. Teknik penilaian : Tes tertulis
b. Bentuk instrumen: Tes uraian
c. Kisi - kisi
No
|
Indikator
|
Jml
soal
|
No
Soal
|
1
|
Disajikan soal uraian
yang berkaitan dengan kehidupan masa Pra
aksara
|
3
|
1-3
|
2
|
Disajikan soal
uraian yang berkaitan dengan kehidupan masa Hindu Buddha
|
3
|
4-6
|
3
|
Disajikan soal
uraian yang berkaitan dengan kehidupan masa Islam
|
4
|
7-10
|
-
Instrumen: lihat Lampiran
-
Petunjuk (Rubrik) Penentuan Skor: Lihat Lampiran
a.
Teknik Penilaian: Observasi
b.
Bentuk Instrumen: check list
c.
Kisi-kisi:
No
|
Indikator
|
Butir instrumen
|
1
|
Mempresentasikan pengetahuan peserta didik mengenai kehidupan manusia
masa praaksara. Masa Hindu –
Buddha dan Masa Islam
|
3
|
2
|
Aktifitas siswa dalam kegiatan diskusi kelompok
|
4
|
- Instrumen: lihat Lampiran
- Petunjuk Penentuan Skor: Lihat Lampiran.
Cilacap,
Mengetahui
Kepala SMP Al Hikmah kawunganten Guru
Mata Pelajaran
Akhmad Marzuki, S.Ag. Insan Prasetiyo
NIP. NIP.
Lampiran 1: Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap
Spiritual
No
|
Nama Peserta didik
|
Indikator
Berdoa sebelum dan sesudah
kegiatan pembelajaran
( 1 – 4 )
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kisi – kisi
indikator berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran :
1.
Berdoa dengan tidak sungguh – sungguh
2.
Kadang – kadang berdoa dengan sungguh – sungguh
3.
Sering berdoa dengan sungguh –
sungguh
4.
Selalu berdoa dengan sungguh –
sungguh
Petunjuk penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai
Baik sekali : memperoleh skor 4
Baik : memperoleh skor 3
Cukup : memperoleh skor 2
Kurang : memperoleh skor 1
Lampiran 2:
Instrumen Penilaian Sikap Sosial
No
|
Nama Peserta Didik
|
Indikator
|
Jumlah Skor
|
|||
Menunjukkan
perilaku jujur
saat melakukan kegiatan pembelajaran
( 1 – 4 )
|
Menunjukkan perilaku disiplin
pada saat melakukan diskusi/presentasi
( 1 – 4 )
|
Menunjukkan sikap tanggung jawab pada tugas yang telah diberikan
( 1 – 4 )
|
Memelihara
hubungan baik dengan teman sekelas
( 1 – 4 )
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kisi – kisi
sikap sosial perilaku jujur saat melakukan kegiatan pembelajaran
Deskriptor
|
Skor
|
Tidak pernah jujur
|
1
|
Kadang – kadang
jujur
|
2
|
Sering jujur
|
3
|
Selalu jujur
|
4
|
Kisi – kisi
sikap sosial perilaku disiplin pada saat melakukan diskusi/presentasi
Deskriptor
|
Skor
|
Tidak pernah disiplin
|
1
|
Kadang – kadang disiplin
|
2
|
Sering disiplin
|
3
|
Selalu disiplin
|
4
|
Kisi – kisi
sikap sosial sikap tanggung jawab pada tugas yang telah diberikan
Deskriptor
|
Skor
|
Tidak pernah
tanggung jawab
|
1
|
Kadang – kadang tanggung
jawab
|
2
|
Sering tanggung
jawab
|
3
|
Selalu tanggung
jawab
|
4
|
Kisi – kisi
sikap sosial Memelihara
hubungan baik dengan teman sekelas
Deskriptor
|
Skor
|
Tidak pernah ramah
pada teman
|
1
|
Kadang – kadang ramah
pada teman
|
2
|
Sering ramah pada
teman
|
3
|
Selalu ramah pada
teman
|
4
|
Petunjuk penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai (
jumlah skor )
Baik sekali : memperoleh skor 13 - 16
Baik : memperoleh
skor 9 - 12
Cukup : memperoleh skor
4 - 8
Kurang : memperoleh skor 1- 3
Lampiran 3: Instrumen Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Sebutkan salah satu ciri
kehidupan pada masa prasejarah….
|
2
|
Sebutkan 2 hasil budaya masa
bercocok tanam….
|
3
|
Sebutkan ras manusia purba yang
hidup di masa perundagian….
|
4
|
Agama Hindu dan Buddha yang
masuk ke Indonesia akibat adanya hubungan perdagangan dengan negara…..
|
5
|
Sebutkan 3 kerajaan di
Indonesia yang bercorak Hindu….
|
6
|
Sebutkan 2 Candi di Indonesia
yang bercorak Buddha….
|
7
|
Sebutkan kerajaan pertama Islam
di Jawa….
|
8
|
Sebutkan 3 kerajaan di pulau
jawa yang bercorak agama Islam….
|
9
|
Sampai sekarang lembaga
pendidikan islam yang masih berkembang di masyarakat adalah….
|
10
|
Sebutkan nama masjid yang arsitekturnya dipengaruhi
oleh budaya Hindu
|
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 10, maka
Nilai pengetahuan = Jumlah nilai yang
diperoleh
Kunci Jawaban
No
|
Butir Pertanyaan
|
Kunci Jawaban
|
Bobot
|
Skor
|
1
|
Sebutkan salah satu ciri
kehidupan pada masa prasejarah….
|
-
Nomaden
-
Hasil budaya masih kasar
-
Food gathering
|
|
10
|
2
|
Sebutkan 2 hasil budaya masa
bercocok tanam….
|
-
Kapak persegi
-
Kapak lonjong
-
Mata panah
-
Gerabah
|
|
10
|
3
|
Sebutkan ras manusia purba yang
hidup di masa perundagian….
|
Australomelanesoid
dan Mongoloid
|
|
10
|
4
|
Agama Hindu dan Buddha yang
masuk ke Indonesia akibat adanya hubungan perdagangan dengan negara…..
|
Negara India
|
|
10
|
5
|
Sebutkan 3 kerajaan di
Indonesia yang bercorak Hindu….
|
Kutai, Tarumanegara, Singasari
|
|
10
|
6
|
Sebutkan 2 Candi di Indonesia
yang bercorak Buddha….
|
Borobudur, mendut
|
|
10
|
7
|
Sebutkan kerajaan pertama Islam
di Jawa….
|
Demak
|
|
10
|
8
|
Sebutkan 3 kerajaan di pulau
jawa yang bercorak agama Islam….
|
Pajang,
Mataram, Demak
|
|
10
|
9
|
Sampai sekarang lembaga
pendidikan islam yang masih berkembang di masyarakat adalah….
|
Pesantren
|
|
10
|
10
|
Sebutkan nama masjid yang arsitekturnya
dipengaruhi oleh budaya Hindu
|
Masjid
Demak, Masjid Banten
|
|
10
|
Total Bobot
|
100
|
100
|
Pedoman
Penskoran :
Nilai Akhir Siswa =
Lampiran 4: Penilaian Kompetensi Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama peserta
didik
|
Aspek yang
dinilai
|
Jumlah nilai
|
||
Kelayakan isi
(1-4)
|
Penyajian
(1-4)
|
Bahasa
(1-4)
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Kelayakan isi
: keakuratan materi dan kemutakhiran
Penyajian :
keterlibatan peserta didik untuk aktif dan disajikan secara konstektual
Bahasa
: Jelas, mudah dipahami dan komunikatif
Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4= Amat Baik
Tabel :Konversi Penilaian Kompetensi Sikap sesuai permendikbud no 81 A/ th
2013
No.
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
3,50 < x ≤ 4,00
|
Sangat Baik (SB)
|
2
|
2,50 < x ≤ 3,50
|
Baik (B)
|
3
|
1,50 < x ≤ 2,50
|
Cukup (C)
|
4
|
1,00 < x ≤ 1,50
|
Kurang (K)
|
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama
|
Mengomuni
kasikan
(1-4)
|
Mendengar
kan
(1-4)
|
Berargu
mentasi
(1-4)
|
Berkontri
busi
(1-4)
|
Jumlah nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a.
Berdiskusi : Mengacu pada ketrampilan mengolah fakta dan
menalar (associating) yakni
membandingkan fakta yang telah diolahnya (data) dengan konsep yang ada sehingga
dapat ditarik kesimpulan dan atau ditemukannya sebuah prinsip penting.
Ketrampilan berdiskusi meliputi ketrampilan mengkomunikasikan (communication
Skill), mendengarkan (listening skill),
ketrampilan berargumentasi (arguing skill),
dan ketrampilan berkontribusi (contributing
skill).
b.
Ketrampilan mengkomunikasikan adalah kemampuan siswa untuk mengungkapkan
atau menyampaikan ide atau gagasan dengan bahasa lisan yang efektif.
c.
Ketrampilan mendengarkan dipahami sebagai kemampuan siswa untuk tidak
menyela, memotong, atau menginterupsi pembicaraan seseorang ketika sedang
mengungkapkan gagasannya.
d.
Kemampuan berargumentasi menunjukkan kemampuan siswa dalam
mengemukakan argumentasi logis (tanpa fallacy
atau sesat pikir) ketika ada pihak yang bertanya atau mempertanyakan
gagasannya.
e.
Kemampuan berkontribusi
dimaksudkan sebagai kemampuan siswa memberikan gagasan-gagasan yang
mendukung atau mengarah ke penarikan kesimpulan termasuk di dalamnya menghargai
perbedaan pendapat.
Keterangan :
Nilai
terentang antara 1 – 4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4=
Amat Baik
No.
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
3,50 < x ≤ 4,00
|
Sangat Baik (SB)
|
2
|
2,50 < x ≤ 3,50
|
Baik (B)
|
3
|
1,50 < x ≤ 2,50
|
Cukup (C)
|
4
|
1,00 < x ≤ 1,50
|
Kurang (K)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar