Kamis, 04 Desember 2014

RPP IPS Kelas VII Asal Usul Penduduk Indonesia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan  : SMP Al Hikmah Kawunganten
Kelas/Semester      : VII/ 1
Mata Pelajaran       :Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema                   : Keadaan Penduduk Indonesia
Sub Tema              : Asal-usul Penduduk Indonesia
Alokasi Waktu       : 4 JP
Pertemuan Ke-       : 1 s.d. 2

  1. KOMPETENSI INTI
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung  menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

  1. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KompetensiDasar
Indikator
1.1   Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.


1.1.1.  BersyukurkepadaTuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia.
1.1.2. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
2.2 Menunjukkanperilakurasa ingintahu, peduli, menghargai, danbertanggungjawabterhadapkelembagaansosial, budaya, ekonomi, danpolitik
2.2.1    Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu saat melakukan pengamatan.
2.2.2    Menunjukkan perilaku peduli saat  melakukan kegiatan diskusi.
2.2.3    Menunjukkan perilaku  menghargai pendapat teman pada  saat  melakukan diskusi/presentasi.
2.2.4    Menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Indonesia
3.1. Memahamiaspekkeruangandankonektitivitasantarruangdanwaktudalamlingkung regional sertaperubahandankeberlanjutankehidupanmanusia (ekonomi, sosial, budaya, ekonomi, danpolitik)

3.3.    Memahamijenis-jeniskelembagaansosial, budaya, ekonomi, danpolitik

3.1.1 Menjelaskanasalusulpenduduk Indonesia.
3.1.2Menunjukanjalurkedatangannenekmoyangbangsa Indonesia.



3.3.1MengamatiPeta Asia dapatmenemukanjalurkedatangannenekmoyangbangsa Indonesia.
4.1.    Menyajikanhasiltelaahaspekkeruangandankonektivitassosial, budaya, ekonomi, danpolitik.
4.2.    Menghasilkangagasankreatifuntukmemahamijenis-jeniskelembagaansosial, budaya, ekonomi, danpolitik di lingkunganmasyarakatsekitar.
4.1.1. Menyajikanlaporan secara tertulis hasil diskusiasal-usul penduduk Indonesia.
4.2.1. Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatanasal-usul penduduk Indonesia.
4.2.2 Membuat peta jalur kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia.


  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan pengamatan dan diskusi, peserta didik dapat :
1.    Kompetensi Sikap Spiritual
a.    Mengucapkan rasa syukur kepadaTuhan YME yang telahmenciptakankeragamansuku, etnis, sosialbudayabagiBangsa Indonesia dengankhikmat.
b.    Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran memelihara hubungan baik dengan teman.
    1. Kompetensi Sikap Sosial
a.    Memiliki sikap rasa ingin tahu dalam mengikuti pembelajaran.
b.    Memiliki sikap peduli dengan lingkungan sekitar.
c.    Memiliki sikap kerja sama dengan teman sebaya.
d.    Memiliki sikap menghargai pendapat orang lain.
e.    Memiliki sikap bertanggung jawab dalam kehidupan.
3.    Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
a.    Menjelaskan asal-usul penduduk Indonsia.
b.    Menunjukkan jalur kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia.
c.    Mempresentasikan hasil diskusi tentang  asal-usul penduduk Indonesa serta membuat peta jalur kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia.

D.   MATERI PEMBELAJARAN
1.    Asal- Usul Penduduk Indonesia
a.  Bangsa Vedda
b.  Proto Melayu dan Detro Melayu
2.    Peta Kedatangan Asal- Usul Penduduk Indonesia
3.    Persebaran Ras Suku Bangsa Indonesia
a.  Keturunan proto melayu ini sampai kini masih berdiam di Indonesia bagian timur, seperti Dayak, Toraja, mentawai, Nias dan papua
b.  Deutro melayu ini selanjutnya berkembang menjadi suku-suku tersendiri, misalnya melayu, Makassar, jawa, Sunda, Bugis, Minang dll

E.  METODE PEMBELAJARAN       
1. Pendekatan                :Saintifik
2. Model Pembelajaran    : Kooperatif

F.  SUMBER BELAJAR
1.   Media
a.   Gambar tentang berbagai suku bangsa Indonesia.
b.  Peta Asia.
2.   Alat dan Bahan:
a.   LCD Proyektor
b.  Laptop/Komputer
3.  Sumber Pembelajaran:
a.  KEMENDIKBUD. 2014. Buku Siswa. Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas VII. Jakarta:KEMENDIKBUD (hal 44 - 48)

b.  KEMENDIKBUD. 2014. Buku Guru. Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas VIII. Jakarta: KEMENDIKBUD (hal 125 - 129)
c. Internet.

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.   Pertemuan Kesatu
a.  Pendahuluan (8 menit)
1)  Guru memberi salam.
2)  Guru mengecek kehadiran siswa.
3)  Guru menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari dan memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4)  Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)  Apersepsi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan menyanyikan lagu “Dari Sabang sampai Merauke”.
6)   Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.

b.  Kegiatan Inti (60 menit)
1)      Mengamati
·         Siswa diajak mengamati gambar tayangan berbagai masyarakat Indonesia yang berbeda ciri fisiknya.















Sumber Kapan lagi.com
·         Secara berkelompok siswa mengidentifikasi berbagai kelompok masyarakat yang berbeda ciri fisik tersebut.
2)    Menanya
·         Siswa dibimbing untuk mempertanyakan tentang penyebab dan asal-usul perbedaan masyarakat tersebut.
Misalnya:Ciri-ciri fisik penduduk Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand.
Mayoritas Mata pencaharian Indonesia, Malaysia, Thailand,
Bangsa yang pertama datang ke Wilayah Nusantara
suku bangsa yang pertama datang ke Nusantara.
v  Guru bersama peserta didik menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3)    Mengumpulkan data/informasi
·         Siswa membaca buku teks dan referensi lain yang relevan dan mencatat semua jawaban dari pertanyaan.
4)    Mengasosiasi
·         Di dalam kelompok siswa mendiskusikan tentang asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia, proses kedatangan dan suku bangsa Proto Melayu.
·         Siswa menyusun laporan hasil diskusi kelompok.

c.  Kegiatan Penutup (12 menit)
1)    Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)    Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)    Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)    Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)    Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang peduli dan menghargai.
6)    Guru memberi penugasan kepada peserta didik untukmengidentifikasi daerah penyebaran bangsa Proto Melayu.

2.   Pertemuan kedua
a.  Pendahuluan (8 menit)
1)  Guru memberi salam.
2)  Guru mengecek kehadiran siswa.
3)  Guru menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari dan memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4)  Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)  Apersepsi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan menyanyikan lagu “Dari Sabang sampai Merauke”.
6)   Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.

b. Kegiatan Inti (60 menit)
1)    Mengkomunikasikan
·         Secara bergantian, masing-masing kelompok memperesentasikan hasil diskusi kelompoknya. Kelompok yang lain memberikan tanggapan terhadap presentasi.
·         Guru memberikan penguatan dan konfirmasi terhadap hasil diskusi klasikal.
c.  Kegiatan Penutup (12 menit)
1.    Siswa dibawah bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran.
2.    Dibawah bimbingan guru, siswa diajak untuk merefleksi dan mengambil hikmah dari materi dan proses pembelajaran.
3.    Secara individu, siswa ditugaskan membuat bagan proses penyebaran Proto Melayu dan Deutro Melayu, dalam kertas katon manila, dalam waktu 1 minggu.
4.    Pemberian informasi materi pertemuan berikutnya tentang Karakteristik Penduduk Indonesia.
5.    Salam penutup.

A.     Penilaian
1.  InstrumenPenilaianSikap Spiritual danSikapSosial
a)     IndikatorSikap Spiritual 
MenunjukansikapsyukurterhadapKaruniaTuhan YME yang telahmenciptakanwaktudansegalaperubahannya.
b)     IndikatorSikapSosial
Menunjukansikaptanggungjawab, rasaingintahu, sikappeduli, sikapmenghargaiterhadapkelembagaansosial, budaya, ekonomidanpolitik.
Rubrik Penilaian Sikap
Berikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan:
1.  jika  tidak pernah berperilaku  dalam kegiatan 
2.  jika kadang-kadang  berperilaku dalam kegiatan 
3.  jika  sering berperilaku  dalam kegiatan 
4.  jika selalu  berperilaku  dalam kegiatan 


No


Nama
SikapSpiritual
SikapSosial
MenghayatiKaruniaTuhan
Tanggungjawab
Rasa ingintahu
Peduli
Menghargai
Total
Nilai
1-4
1-4
1-4
1-4
1-4
1







2







3







4







5







Penilaian  sikap untuk setiap peserta didik dapat  menggunakan rumus berikut
 Dengan predikat:     
Predikat
Nilai
SangatBaik ( SB)
 80 ≤ AB ≤ 100
Baik (B)
70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C)
 60 ≤ C  ≤ 69
Kurang (K)
<60

2.  InstrumenPenilaianPengetahuan
Indikator :
·      Menjelaskanasal-ususlpenduduk Indonesia
·      Menjelaskanjalurkedatangannenekmoyangbangsa Indonesia
·      Membedakan Proto MelayudenganDeutroMelayu



a. TesTertulis

-          Uraian

NO
ButirPertanyaan
1
Uraikansecarasingkatasal-usulpenduduk Indonesia?
2
Bagaimanacaranenekmoyangbangsakitadatangke Indonesia?
3
Jelaskanduagelombangkedatangannenekmoyangbangsa Indonesia!
4
Tuliskanciri-ciribangsaDeutroMelayusebagaicikalbakalpenduduk Indonesia!
5
Tuliskanciri-ciribangsa Proto Melayusebagaicikalbakalpenduduk Indonesia
Keterangan : Tiapnomordiberinilai 2, makanilaipengetahuan = 5x2

1.  InstrumenPenilaianKeterampilan
a.  KetrampilanPresentasi
Indikator:
Menunjukankemampuanpresentasi, kemampuanberargumentasi, kemampuanmenjawab, danpenguasaanmateri.

No

Nama
KemampuanPresentasi
KemampuanBerargumentasi
Kemampuanmenjawab
PenguasaanMateri

Jumlah
1 - 4
1 - 4
1 - 4
1 - 4
1






2






3






4






5







Penilaian  sikap untuk setiap peserta didik dapat  menggunakan rumus berikut:

b.  KetrampilanDiskusi
Indikator:
Menunjukankemampuanpemahamanmateri, kemampuanmengemukakanpendapat, berkontribusi, kemampuanmenerimapendapatteman


No

Nama
PemahamanMateri
Kemampuanmengemukakanpendapat
Berkontribusi
Kemampuanmenerimapendapatteman


JumlahNilai
1 - 4
1 - 4
1 - 4
1 - 4
1






2






3






4






5






Keterangan:
Skorrentangantara 1 – 4
1      =  Kurang
2      =  Cukup
3      =  Baik
4      =  Amat Baik


Mengetahui,                                                                         Cilacap,
Kepala SMP Al Hikmah Kawunganten                                Guru Mata Pelajaran IPS


Akhmad Marzuki, S.Ag.                                              Insan Prasetiyo,S.Pd.
NIP.                                                                        NIP.                                                            






Lampiran 1:
Gambar perbedaan fisik/ras penduduk Indonesia dewasa ini:
 












Lampiran 2:
Peta Persebaran Proto Melayu dan Deutro Malayu
 














Lampiran 3:















Tidak ada komentar:

Posting Komentar