RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP )
Sekolah : SMP Al Hikmah Kawunganten
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/ 1
Tema :
Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Sub Tema : Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi keadaan alam
Indonesia
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan (4 JP)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati laku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunaan,
mengurai, merangkai, emodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak menulis,
membaca, menghitung menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1. 3
Menghayati
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
|
1.3.1.Mengucapkan rasa
syukurataskeberadaan keunggulan lokasi Indonesia melaluido’a
1.3.2.Bersemangat
dalam mengikuti proses pembelajaran keunggulan lokasi geostrategis
|
|
2.1. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1.1. Menunjukkan perilaku peduli saat melakukan kegiatan diskusi
2.1.2.Menunjukkan perilaku
toleransi pada saat melakukan diskusi/presentasi
2.1.3.Menunjukkan perilaku kerja
sama pada saat
melakukan diskusi
2.1.4.Menunjukkan sikap tanggung
jawab terhadap bangsa dan negara Indonesia
|
|
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas
antarruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan
kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
|
3.1.1. Mendeskripsikan letak astronomi Indonesia
3.1.2. Mendeskripsikan letak geografis
|
|
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan pikiran
masyarakat Indonesia pada praaksara, masa Hindu-Buddha dan masa Islam dalam
aspek geografis, ekonomi, budayaan, dan politik yang masih hidup dalam
masyarakat sekarang.
|
4.1.1.Menyajikan hasil diskusi kelompok secara
tertulis
4.1.2.Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Kompetensi
Sikap Spiritual
1.3.1.
Mengucapkan rasa syukurataskeberadaan keunggulan lokasi
Indonesia melaluido’a
1.3.2.Bersemangat
dalam mengikuti proses pembelajaran letak wilayah dan pengaruhnya bagi kadaan
alam Indoesia
2. Kompetensi Sikap Sosial
2.1.1. Memiliki sikap peduli dengan
lingkungan sekitar
2.1.2. Memiliki sikap kerja sama
dengan teman sebaya.
2.1.3
Memiliki
sikap jujur dalam kehidupan.
2.1.4
Memiliki
sikap bertanggung jawab dalam kehidupan.
3.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik dapat:
4.1.1.
Menjelaskan ..
4.1.2.
Mempresentasikan hasil diskusi tentang
D. Materi Pembelajaran
a. Menjelaskan
letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alamIndonesia.
1.
Pendekatan
Saintifik
2.
Model
Inquiry Learning
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Gambar
tentang lokasi ( geografis dan astronomis ) Indonesia (lihat buku siswa hal 4-6)
b. Lembar kerja siswa (panduan
pengamatan gambar tentang letak/posisi Indonesia).
2.
Alat
dan Bahan:
a.
LCD
Proyektor
b. Laptop/Komputer
3. Sumber Pembelajaran:
a. KEMENDIKBUD. 2014. Buku
Siswa. Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas VII. Jakarta:KEMENDIKBUD (hal 1-7)
b. ..... 2014. Atlas Dunia dan
Indonesia. Umum. Jakarta: Media ( hal: ...-...)
G. Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
1.
Pertemuan
Kesatu
a. Pendahuluan
1) Guru memberi salam.
2) Guru mengecek kehadiran
siswa.
3)
Guru
menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari dan
memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
5) Peserta didik dibagi menjadi beberapa
kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.
b. Kegiatan inti
(1) Mengamati
(Stimulasi/pemberian rangsangan)
Guru memberi stimulasi dengan menampilkan gambar wilayah Indonesia.
Peserta didik mengamati tayangan gambar terkait dengan lokasi astronomi,
geografis,melalui lembar kerja.-disiapkan
guru Contoh: dampak posisi silang Indonesia.
(2)
Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik merumuskan hal-hal yang ingin diketahui berdasar
pengamatan gambar tayangan. Contoh:
·
Dimana letak Indonesia berdasar garis astronomis?
·
Dimana letak Indonesia dibandingkan dengan negara sekitar?
·
Bagaimana letak Indonesia dilihat dari geologisnya?
·
Apa dampak positif dari letak Indonesia?
·
Apa dampak negatif dari letak Indonesia?
Guru
bersama peserta didik menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan
pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan
pembelajaran.
(3)
Pengumpulan Data/informasi
·
Peserta
didik dalam kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait
tujuan pembelajaran melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan
mengamati lingkungan sekitar.
(4)
Mengasosiasi (Pengolahan Data)
·
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi
yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar untuk membuat kesimpulan
dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan
pembelajaran.
(5)
Mengomunikasikan
a) Siswa
mempresentasi hasil diskusi kelompok 1 & 2, siswa kelompok yang lain
menanggapi, bertanya dan menjawab.
b) Siswa bersama
guru mengklarifikasi jawaban siswa dengan sumber referensi yang ada.
c) Guru memberi
penguatan terhadap jawaban siswa sebagai kesimpulan.
d) Siswa mencatat
hasil diskusi dan kesimpulan.
c.
Kegiatan Penutup
1)
Peserta
didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)
Guru
memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)
Pesera
didik diberi pertanyaan lisan.
4)
Peserta
didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan
penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)
Peserta
didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang peduli dan kejujuran
6)
Guru
memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi dan gambar terkait dengan letak astronomis,
geografis.
2. Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan
1)
Guru
memberi salam.
2)
Guru
mengecek kehadiran siswa.
3)
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4)
Peserta
didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)
Guru memberi stimulasi dengan menyanyikan lagu nasional Rayuan Pulau
Kelapa.
b. Kegiatan
inti
Pembelajaran melanjutkan
kegiatan pertemuan sebelumnya, yakni langkah ke:
3) Pengumpulan Data/informasi
Peserta didik dalam kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah
dirumuskan terkait tujuan pembelajaran melalui membaca buku referensi
yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar.
4) Mengasosiasi
(Pengolahan Data)
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi
yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar untuk membuat kesimpulan dari
jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan pembelajaran.
c. Kegiatan Penutup
1)
Peserta
didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)
Guru
memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)
Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)
Peserta
didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan
penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)
Peserta
didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang tanggung jawab.
H.
Penilaian
1.
Kompetensi
Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian: Observasi
b. Bentuk Instrumen: Lembar
observasi
c.
Kisi-kisi:
No
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Juml butir instrumen
|
1
|
Menghargai karuniaTuhan
YME yang telah menciptakan
Keunggulan lokasi Indonesia
|
Mengucapkan rasa syukur atas
keunggulan lokasi melalui do’a
syukur.
|
1
|
|
|
Bersemangat dalam mengikuti
proses pembelajaran keunggulan
lokasi
|
1
|
d. Instrumen : lihat Lampiran
e. Petunjuk Penentuan Nilai : Lihat Lampiran
2.
Kompetensi
Sikap Sosial
a. Teknik Penilaian: Observasi
b. Bentuk Instrumen: Lembar
observasi
c.
Kisi-kisi:
Butir Nilai
(Sikap)
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
|
|
Menunjukkan
|
Menghormati perbedaan
pendapat
|
1
|
|
|
perilaku toleransi dalam
|
|
||
1.
|
|
|||
interaksi sosial dengan teman
sebaya
|
|
|||
|
||||
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan
perilaku jujur dalam
interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman
sebaya.
|
Mampu mengekspresikan diri apa
adanya.
Tidak mencontek dalam ulangan
|
|
|
2.
|
|
|
||
1
|
|
|||
|
|
|
||
|
|
|
||
3.
|
Menunjukkan perilaku kerjasama
dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
Membantu teman yang
kesulitan menyelesaikan tugas pembelajaran
|
|
|
4.
|
Menunjukkan perilaku tanggug jawab
dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
Bangga sebagai bangsa Indonesia.
Melaksanakan peran masing-masing
dengan baik
|
|
|
d.
Instrumen : lihat Lampiran
e.
Penentuan
Skor: lihat lampiran
3.
Kompetensi
Pengetahuan
a.
Teknik
penilaian : Tes tertulis
b.
Bentuk
instrumen: Tes uraian
No
|
Indikator
|
Jml soal
|
No Soal
|
1
|
Mengidentifikasi letak
astronomis Indonesia
|
3
|
1-3
|
2
|
Mengidentifikasi letak
geografis Indonesia
|
4
|
4-7
|
3
|
Mengidentifikasi letak
geologis Indonesia
|
3
|
8-9
|
d.
Instrumen : lihat Lampiran
e.
Petunjuk
(Rubrik) Penentuan Skor : Lihat Lampiran
a.
Teknik Penilaian:
1) Penilaian Produk
2) Observasi
b. Bentuk Instrumen:
c.
Rubrik
Penilaian Produk
d.
Lembar
Observasi
5. Kisi-kisi:
No
|
Indikator
|
Butir instrumen
|
1
|
Kemampuan siswa dalam diskusi dalam kelompok.
|
|
2
|
Mempresentasikan pengetahuan peserta didik mengenai
keunggulan lokasi Indonesia dan pengaruhnya dalam kolonialisme.
|
|
c.Instrumen : lihat Lampiran
d.
Petunjuk Penentuan Skor: Lihat Lampiran.
Cilacap,
Mengetahui
Kepala SMP Al Hikmah
Kawunganten Guru Mata Pelajaran
Akhmad
Marzuki, S.Ag. Insan
Prasetiyo, S.Pd.
NIP. NIP.
Lampiran 1:
Uraian Materi
Lampiran 2:
Sintak model inquery
Lampiran 3 :
LKS
Lampiran 4:
Teks lagu Rayuan Pulau Kelapa
Lampiran 6:
Penilaian Pengetahuan
Lampiran 5 :
Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap
Spiritual dan Sosial
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Sikap Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Total Nilai
|
Kriteria
|
||||
Mensyukuri Keunggulan lokasi
|
Semangatdlm
belajar
|
Peduli
|
Toleransi
|
Kerjasama
|
Tanggung jawab
|
||||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penskoran:
4
= apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap yang diamati
3
= apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspeksikap yang diamatidan
kadang-kadang tidak sesuai
2
= apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikapdan
sering tidak sesuai aspek sikap yang diamati
1
= apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
yangdiamati
Pedoman
Penskoran:
Nilai sikap
siswa:
Lampiran
6:
Instrumen Penilaian Pengetahuan
a.
Penilaian
Pengetahuan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1
|
Sebutkan
letak astronomis Indonesia?
|
2
|
Mengapa
Indonesia beriklim tropis?
|
3
|
Sebutkan
dampak positif dan negatif beriklim tropis?
|
4
|
Sebutkan batas-batas wilayah Indonesia!
|
5
|
Apa yang
dimaksud negara transito?
|
6
|
Jelaskan
dampak positif letak geostrategis Indonesia?
|
7
|
Jelaskandampaknegatif
letakgeostrategis
Indonesia?
|
8
|
Mengapa persebaran penduduk di Indonesia tidak merata?
|
9
|
Apa yang
dimaksud letak geologis Indonesia?
|
10
|
Sebutkan dampak positif dan negatif letak Indonesia?
|
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 10,
maka
Nilai pengetahuan = Jumlah
nilai yang diperoleh
Kunci Jawaban
No
|
Butir Pertanyaan
|
Kunci Jawaban
|
Bobot
|
Skor
|
1
|
Sebutkan
letak astronomis Indonesia?
|
|
10
|
10
|
2
|
Mengapa
Indonesia beriklim tropis?
|
|
10
|
10
|
3
|
Sebutkan
dampak positif dan negatif beriklim tropis?
|
|
10
|
10
|
4
|
Sebutkan batas-batas wilayah Indonesia!
|
|
10
|
10
|
5
|
Apa yang dimaksud negara
transito?
|
|
10
|
10
|
6
|
Jelaskan dampak positif
letak geostrategis Indonesia?
|
|
10
|
10
|
7
|
Jelaskandampaknegatif
letakgeostrategisIndonesia?
|
|
10
|
10
|
8
|
Mengapa persebaran penduduk di Indonesia tidak merata?
|
|
10
|
10
|
9
|
Apa yang dimaksud letak geologis
Indonesia?
|
|
10
|
10
|
10
|
Sebutkan dampak positif dan negatif letak Indonesia?
|
|
10
|
10
|
Total Bobot
|
100
|
100
|
Pedoman
Penskoran :
Nilai Akhir
Siswa =
Lampiran 7a:
Penilaian Keterampilan
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Kemampuan Presentasi
(1-4)
|
Kemampuan bertanya
(1-4)
|
Kemampuan menjawab
(1-4)
|
Jumlah nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
Keterangan
a. Presentasi
menunjuk
pada kemampuan siswa untuk menyajikan hasil
temuannya mulai
dari
kegiatan mengamati, menanya, uji coba (mencoba), dan mengasosiasi sampai pada
kesimpulan.
Presentasi terdiri atas 3 aspek penilaian yakni ketrampilan menjelaskan,
memvisualisasikan,
dan merespon atau memberi tanggapan.
b. Ketrampilan
menjelaskan adalah
kemampuan menyampaikan hasil observasi dan diskusi
secara meyakinkan.
c.
Ketrampilan memvisualisasikan
berkaitan
dengan kemampuan siswa untuk membuat
atau
mengemas informasi seunik mungkin, semenarik mungkin, atau sekreatif mungkin.
d. Ketrampilan
merespon adalah
kemampuan siswa menyampaikan tanggapan atas pertanyaan,
bantahan, sanggahan dari pihak lain secara
empatik.
Nilai rentang antara 1 – 4
1
= Kurang
2
= Cukup
3
= Baik
4= Amat Baik
LAMPIRAN
7 b :
Rubrik Penilaian
Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama
|
Mengomuni
kasikan
(1-4)
|
Mendengar
kan
(1-4)
|
Berargu
mentasi
(1-4)
|
Berkontribusi
(1-4)
|
Jumlah nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a. Berdiskusi : Mengacu pada ketrampilan mengolah fakta dan menalar (associating) yakni membandingkan
fakta yang
telah diolahnya (data) dengan konsep yang ada sehingga dapat ditarik kesimpulan
dan atau
ditemukannya
sebuah prinsip penting. Ketrampilan berdiskusi meliputi ketrampilan
mengkomunikasikan
(communication
Skill), mendengarkan (listening skill),
ketrampilan berargumentasi (arguing skill),
dan
ketrampilan
berkontribusi (contributing skill).
b. Ketrampilan mengkomunikasikan adalah kemampuan siswa untuk
mengungkapkan atau menyampaikan
ide atau gagasan dengan bahasa lisan yang
efektif.
c. Ketrampilan mendengarkan dipahami sebagai kemampuan siswa untuk
tidak menyela, memotong,
atau
menginterupsi pembicaraan seseorang ketika sedang mengungkapkan gagasannya.
d. Kemampuan berargumentasi menunjukkan kemampuan siswa dalam
mengemukakan argumentasi
logis (tanpa fallacy atau sesat pikir) ketika ada pihak yang bertanya atau
mempertanyakan gagasannya.
e.
Kemampuan berkontribusi dimaksudkan sebagai kemampuan siswa
memberikan gagasan-gagasan
yang
mendukung atau mengarah ke penarikan kesimpulan termasuk di dalamnya menghargai
perbedaan
pendapat.
Keterangan :
Nilai terentang
antara 1 – 4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4= Amat Baik
Tabel Konversi
Penilaian Kompetensi Sikap sesuai permendikbud no
81 A/ th 2013
No.
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
3,50
< x ≤ 4,00
|
SangatBaik(SB)
|
2
|
2,50
< x ≤ 3,50
|
Baik(B)
|
3
|
1,50
< x ≤ 2,50
|
Cukup(C)
|
4
|
1,00
< x ≤ 1,50
|
Kurang(K)
|
Tabel KonversiPenilaianKompetensi
Pengetahuan
No.
|
Interval
Nilai Pengetahuan
(KI 4)
|
Predikat
|
1
|
3,83
< x ≤ 4,00
|
A
|
2
|
3,50<
x ≤ 3,83
|
A-
|
3
|
3,17<
x ≤ 3,50
|
B+
|
4
|
2,83<
x ≤ 3,17
|
B
|
5
|
2,50<
x ≤ 2,83
|
B-
|
6
|
2,17<
x ≤ 2,50
|
C+
|
7
|
1,83
< x ≤ 2,17
|
C
|
8
|
1,50<
x ≤ 1,83
|
C-
|
9
|
1,17<
x ≤ 1,50
|
D+
|
10
|
1,00 ≤
x ≤ 1,17
|
D
|
LAMPIRAN: 1a
INSTRUMEN
PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
PENILAIAN DIRI)
A. Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap
spiritual ini berupa Lembar Penilaian Diri.
2. Instrumen ini diisi oleh
PESERTA DIDIK untuk menilai dirinya sendiri.
B. Petunjuk Pengisian
1.
Berdasarkan
perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nilailah sikap diri kalian sendiri
dengan memberi tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar
Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut:
4
= apabila SELALU melakukan perilaku yang dinyatakan
3
= apabila SERING melakukan perilaku yang dinyatakan
2=
apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku
1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku
yang dinyatakan
2.
Kolom
SKOR dan KETUNTASAN diisi oleh guru.
No
|
Pernyataan
|
Skore
|
Perolehan
Skore
|
Skore
Akhir
|
Tuntas/Tidak
Tuntas
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
1
|
Mengucapkan
rasa syukur atas keberadaan keunggulan lokasi Indonesia melalui do’a
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Bersemangat
dalam mengikuti proses pembelajaran keunggulan lokasi geostrategis
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar