Kamis, 04 Desember 2014

RPP IPS Kelas VII Ciri-Ciri atau Karakteristik Penduduk Indonesia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                   Satuan Pendidikan          : SMP Al Hikmah Kawunganten
                   Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester              : VII/1
                   Tema                            : 2. Keadaan Penduduk Indonesia
                   Sub Tema                      : Ciri-Ciri atau Karakteristik Penduduk Indonesia
                   Pertemuan Ke                : 1-7
                        Alokasi Waktu                : 14 jp ( 7 x 80 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung  menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

  1. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KompetensiDasar
Indikator
1.1.         MenghargaikaruniaTuhan Yang MahaEsa yang telahmenciptakanwaktudengansegalaperubahannnya

1.1.1.    Mengucapkan rasa syukurataskeberadaandankeberagamansumberdaya
1.1.2.    manusiamelaluidoasyukur
1.1.3.    Bersemangatdalammengikuti proses pembelajarantentangpenduduk Indonesia

2.1.      Menghargaiajaran agama dalamberfikirdanberperilakusebagaipenduduk Indonesia denganmempertimbangkankelembagaansosial, budaya, ekonomi, danpolitikdalammasyarakat
2.2.      Menunjukkanperilaku rasa ingintahu, peduli, menghargai, danbertanggungjawabterhadapkelembagaansosial, budaya, ekonomi, danpolitik

2.1.1. Tidakmenyelapembicaraan guru atautemanpadawaktu yang tidaktepat
2.1.2.   Berbicaradengatutur kata yang halus




2.2.1.   Membantuteman yang kesulitanmenyelesaikantugaspembelajaran
2.2.2.   Membantuteman yang kesulitandalammemahamimateripembelajaran
3.1. Memahamiaspekkeruangandankonektitivitasantarruangdanwaktudalamlingkung regional sertaperubahandankeberlanjutankehidupanmanusia (ekonomi, sosial, budaya, ekonomi, danpolitik)








3.3.      Memahamijenis-jeniskelembagaansosial, budaya, ekonomi, danpolitik

3.1.1       Menjelaskanpengertianjumlahdankepadatanpenduduk Indonesia
3.1.2       Mendeskripsikanfaktorpenyebabterjadinyakepadatanpendudukditinjau
3.1.3       dariaspekekonomi, sosial, budaya, danpolitik
3.1.4       Menjelaskan komposisi pendidikan penduduk  Indonesia.
3.1.5       Menjelaskan komposisi menurut agama penduduk di Indonesia.
3.1.6       Menjelaskan komposisi menurut bidang usaha.
3.1.7       Menjelaskan komposisi penduduk berdasarkan wilayah Geografis Desa dan Kota.
3.3.1       Mendeskripsikandampakterjadinyakepadatanpendudukterhadap
3.3.2       keadaanekonomi, sosial, budaya, danpolitik
3.3.3       Mendeskripsikanupayamengatasikepadatanpenduduk
3.3.4       Mengidentifikasitingkatpendidikanpenduduk Indonesia yang masih rendah.
3.3.5       Menunjukkan cara meningkatkan pendidikan semakin berkualiatas tinggi.
3.3.6       Menunjukkan bentuk pendidikan dari masa Praaksara,Hindu-Buddha,
3.3.7        dan Islam yang ada di Indonesia.
3.3.8       Mengidentifikasi agama yang dianut oleh penduduk Indonesia.
3.3.9       Menunjukkan tempat ibadah dan nama agama yang menggunakannya.
3.3.10    Menunjukkan cara agar terjadi kerukunan antar umat beragama.
3.3.11    Mengidentifikasi komposisi penduduk Indonesia menurut bidang usaha.
3.3.12    Mengidentifikasi masyarakat kota dan desa.

4.1.      Menyajikanhasiltelaahaspekkeruangandankonektivitassosial, budaya, ekonomi, danpolitik













4.2  Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
4.1.1  Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusi kepadatan penduduk
 beberapa kota di Pulau Jawa.
4.1.2    Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusi karakteristik komposisi
 pendidikan penduduk Indonesia.
4.1.3Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusikomposisi penduduk berdasarkan agama.
4.1.4 Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusikomposisi penduduk menurut
bidang usahanya.
4.1.Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusikomposisi penduduk berdasarkan
 wilayah geografis desa dan kota.

4.2.1    Mempresentasikan laporan hasil diskusi dan pengamatan tabel mengenai
kepadatan penduduk beberapa kota di Pulau Jawa.
4.2.2    Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankarakteristik komposisi
 pendidikan penduduk Indonesia.
4.2.3    Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankomposisi penduduk
 berdasarkan agama.
4.2.4  Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankomposisi penduduk
berdasarkan bidang usahanya.
4.2.5  Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankomposisi penduduk
 berdasarkan wilayah geografis desa dan kota.



C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pengamatan siswa dapat :
1.     Kompetensi Sikap Spiritual
a.     Mengucapkan rasa syukur kepadaTuhan YME yang telahmenciptakankeragamansuku, etnis, sosialbudayabagiBangsa Indonesia dengankhikmat.
b.     Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran memelihara hubungan baik dengan teman.
    1. Kompetensi Sikap Sosial
a.     Memiliki sikap rasa ingin tahu dalam mengikuti pembelajaran.
b.     Memiliki sikap peduli dengan lingkungan sekitar.
c.     Memiliki sikap kerja sama dengan teman sebaya.
d.     Memiliki sikap menghargai pendapat orang lain.
e.     Memiliki sikap bertanggung jawab dalam kehidupan.
    1. Kompetensi Pengetahuan
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
a.     Mendeskripsikanjumlahdankepadatanpenduduk Indonesia
b.     Menganalisa jumlahdankepadatanpenduduksuatudaerah di Indonesia
c.     Mendeskripsikanfaktorpenyebabterjadinyakepadatanpenduduk di beberapakota di Indonesia dengantepat
d.     Mendeskripsikandampakterjadinyakepadatanpendudukterhadapaspekekonomi, sosial, budaya, danpolitik
e.     Mendeskripsikanupayamengatasikepadatanpenduduk
f.      Menjelaskankomposisipendidikanpenduduk  Indonesia.
g.     Menjelaskan komposisi menurut agama penduduk di Indonesia.
h.     Menjelaskan komposisi menurut bidang usaha.
i.      Menjelaskan komposisi penduduk berdasarkan wilayah Geografis Desa dan Kota.
j.      Mengidentifikasitingkatpendidikanpenduduk Indonesia yang masih rendah.
k.     Menunjukkan cara meningkatkan pendidikan semakin berkualiatas tinggi.
l.      Menunjukkan bentuk pendidikan dari masa Praaksara,Hindu-Buddha, dan Islam yang ada di Indonesia.
m.   Mengidentifikasi agama yang dianut oleh penduduk Indonesia.
n.     Menunjukkan tempat ibadah dan nama agama yang menggunakannya.
o.     Menunjukkan cara agar terjadi kerukunan antar umat beragama.
p.     Mengidentifikasi komposisi penduduk Indonesia menurut bidang usaha.
q.     Mengidentifikasi masyarakat kota dan desa.
    1. Kompetensi Keterampilan
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
a.     Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatanjumlah dan kepadatan penduduk Indonesia.
b.     Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankarakteristikkomposisi pendidikan penduduk Indonesia.
c.     Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankomposisipenduduk berdasarkan agama.
d.     Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankomposisipenduduk berdasarkan bidang usahanya.
e.     Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankomposisipenduduk berdasarkan wilayah geografis desa dan kota.



D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.  JumlahdanKepadatanPenduduk Indonesia
2.  Komposisi Menurut Pendidikan
3.  Komposisi Menurut Agama
4.  Komposisi Menurut Bidang Usaha
5.  Komposisi Menurut Berdasarkan Wilayah Geografis Desa dan Kota

E.    METODE PEMBELAJARAN
1.     Pendekatan         : Saintifik
2.     Model                 : Problem Based Learning
3.     Metode               : Diskusi

F.    MEDIA PEMBELAJARAN:
1.     Media                :   GambarPermukimanPadatPenduduk, TabelKepadatanPenduduk
2.     Alat /Bahan        :   Komputer/laptop, LCD,Internet
3.     Sumber belajar  :   Buku siswa, LembarKerja, buku guru

Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
1.    Pertemuan Kesatu
a. Pendahuluan
1)   Guru memberi salam.
2)   Guru mengecek kehadiran siswa.
3)  Guru menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari dan memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4)  Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)   Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.
b. Kegiatan inti
(1)     Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Guru memberi stimulasi dengan memutarkan video kepadatan penduduk.(akibat kepadatan jumlah penduduk.mp4)
Peserta didik menulis hal-hal yang ingin diketahui dari tayangan video terkait dengan kepadatan penduduk melalui lembar kerja. Contoh: dampak kepadatan penduduk.
(2)     Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik merumuskan hal-hal yang ingin diketahui berdasar pengamatan tayangan video Contoh:
Bagaimana bisa terjadi kepadatan penduduk?
Menanyakan jumlah penduduk yang terpadat dan terjarang di Indonesia.
Bagaimana kepadatan penduduk kota  dibandingkan dengan desa?
Apa dampak positif dari kepadatan penduduk?
Apa dampak negatif dari kepadatan penduduk?
Bagaimana upaya mengatasi dampak negatif dari kepadatan penduduk?
Guru bersama peserta didik menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
(3)     Pengumpulan Data/informasi
·         Peserta didik dalam kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait tujuan pembelajaran melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar.
(4)     Mengasosiasi (Pengolahan Data)
·         Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan pembelajaran.
c. Kegiatan Penutup
1)     Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)     Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)     Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)     Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)     Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang peduli dan kejujuran
6)     Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi tentang kepadatan penduduk di wilayah Rt masing-masing.

2.   Pertemuan Kedua
a.    Pendahuluan
1)    Guru memberi salam.
2)    Guru mengecek kehadiran siswa.
3)    Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4)    Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)    Guru memberi stimulasi dengan menyanyikan lagu 135 juta dari Rhoma Irama.
b.    Kegiatan inti
Pembelajaran melanjutkan kegiatan pertemuan sebelumnya, yakni langkah ke:
(3)   Pengumpulan Data/informasi
Peserta didik dalam kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait tujuan pembelajaran melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar.
(4)   Mengasosiasi (Pengolahan Data)
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan pembelajaran.
c.     Kegiatan Penutup
1)         Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)         Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)          Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)         Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)         Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang tanggung jawab.

3.   Pertemuan Ketiga
a.    Pendahuluan
1)    Guru memberi salam.
2)    Guru mengecek kehadiran siswa
3)    Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4)    Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)    Guru memberi stimulasi dengan video dari BKKBN.
b.    Kegiatan inti
(5)   Mengomunikasikan
a)   Siswa mempresentasi hasil diskusi masing-masing kelompok, siswa yang lain   menanggapi, bertanya dan menjawab.
b)   Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa dengan sumber referensi yang ada.
c)   Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa sebagai kesimpulan.
d)   Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.

c.     Kegiatan Penutup
1)         Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)         Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)         Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)         Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)         Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi tentang komposisi penduduk Indonesia.

4.   Pertemuan Keempat
a.    Pendahuluan
1)    Guru memberi salam.
2)    Guru mengecek kehadiran siswa.
3)    Guru menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari dan memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4)    Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)    Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.
b.    Kegiatan inti
(1)    Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Guru memberi stimulasi dengan menayangkan gambar daftar tingkat pendidikan di Indonesia.
Peserta didik menulis hal-hal yang ingin diketahui dari tayangan gambar berdasarkan tingkat pendidikan seseorang.
melalui lembar kerja.
(2)    Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik merumuskan hal-hal yang ingin diketahui berdasar pengamatan tayangan gambar Contoh:
Mengapa tingkat pendidikan sebagian penduduk Indonesia masih rendah ?
Bagaimana cara yang dapat dilakukan agar negara Indonesia dapat meningkatkan partisipasi pendidikannya?
Bagaimana keadaan atau bentuk pendidikan dari masa pra aksara,Hindu- Budha ,dan Islam yang terjadi di sekitar tempat tinggal siswa ?
(mengamati dan menalar)
Guru bersama peserta didik menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
(3)    Pengumpulan Data/informasi
Peserta didik dalam kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait tujuan pembelajaran melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar.
(4)    Mengasosiasi (Pengolahan Data)
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan pembelajaran.

(5)    Mengomunikasikan
a.     Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok 1 & 2, siswa yang lain menanggapi, bertanya dan menjawab.
b.     Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa dengan sumber referensi yang ada.
c.     Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa sebagai kesimpulan.
d.     Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c.     Kegiatan Penutup
a.     Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
b.     Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
c.     Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
d.     Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
e.     Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang peduli dan kejujuran
f.      Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi tentang komposisi penduduk menurut agama di wilayah Rt masing-masing.

5.    Pertemuan Kelima
a.    Pendahuluan
1)   Guru memberi salam.
2)   Guru mengecek kehadiran siswa.
3)  Guru menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari dan memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4)  Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)   Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.
b.    Kegiatan inti
(1) Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Guru memberi stimulasi dengan menanyangkan gambar tentang tingkat pendidikan dan tabel tingkat pendidikan penduduk.
Peserta didik menulis hal-hal yang ingin diketahui dari tayangan gambar dan tabel terkait dengan komposisi menurut agama penduduk melalui lembar kerja. Contoh: komposisi pendidikan penduduk Indonesia.
(2) Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik merumuskan hal-hal yang ingin diketahui berdasar pengamatan tayangan gambar dan tabel komposisi menurut agama penduduk Contoh:
Setiap kelompok di bagi data tentang agama yang dianut penduduk di Indonesia dan peta Indonesia, kemudian mengamati data tesebut
Peserta didik mengamati data komposisi penduduk berdasarkan agama pada sejumlah pulau besar di Indonesia dari buku siswa halaman 59-60
Pulau manakah penganut agama Islam terbanyak?
Pulau manakah penganut agama Kristen terbanyak?
Pulau manakah penganut agama Hindu terbanyak?
Guru bersama peserta didik menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
(3) Pengumpulan Data/informasi
·         Peserta didik dalam kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait tujuan pembelajaran melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar.
(4)    Mengasosiasi (Pengolahan Data)
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan pembelajaran.
(5)    Mengomunikasikan
a.     Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok 1 & 2, siswa yang lain menanggapi, bertanya dan menjawab.
b.     Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa dengan sumber referensi yang ada.
c.     Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa sebagai kesimpulan.
d.     Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c.     Kegiatan Penutup
a.     Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
b.     Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
c.     Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
d.     Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
e.     Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang peduli dan kejujuran
f.      Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi tentang komposisi penduduk menurut bidang usaha di wilayah Rt masing-masing.

6.    Pertemuan Keenam
a.    Pendahuluan
1)   Guru memberi salam.
2)   Guru mengecek kehadiran siswa.
3)  Guru menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari dan memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4)  Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)   Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.
b.    Kegiatan inti
(1)    Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Guru memberi stimulasi dengan menanyangkan gambar tentang tingkat bidang usaha dan tabel tingkat bidng usaha penduduk.
Peserta didik menulis hal-hal yang ingin diketahui dari tayangan gambar dan tabel terkait dengan komposisi menurut bidang uasaha penduduk melalui lembar kerja. Contoh: komposisi menurut bidng usaha penduduk Indonesia.
(2)    Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik merumuskan hal-hal yang ingin diketahui berdasar pengamatan tayangan gambar dan tabel komposisi menurut agama penduduk Contoh:
Mayoritas penduduk Indonesia bekerja dalam sektor apa?
Apa pekerjaan penduduk usia 15 tahun ke atas menurut lapangan kerja utama?
Guru bersama peserta didik menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
(3) Pengumpulan Data/informasi
·         Peserta didik dalam kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait tujuan pembelajaran melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar.
·         Masing - masing kelompok diminta untuk  memberikan gagasan kreatif  tentang upaya meningkatkan kesejahteraan petani.
(4)    Mengasosiasi (Pengolahan Data)
·         Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan pembelajaran.
(5)    Mengomunikasikan
a.     Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok 1 & 2, siswa yang lain menanggapi, bertanya dan menjawab.
b.     Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa dengan sumber referensi yang ada.
c.     Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa sebagai kesimpulan.
d.     Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c.     Kegiatan Penutup
a      Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
b      Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
c      Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
d      Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
e      Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang peduli dan kejujuran
f       Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi tentang komposisi penduduk berdasarkan wilayah geografis desa dan kota.

7.    Pertemuan Ketujuh
a.    Pendahuluan
1)   Guru memberi salam.
2)   Guru mengecek kehadiran siswa.
3)  Guru menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari dan memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4)  Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)   Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.
b.    Kegiatan inti
(1)    Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Guru memberi stimulasi dengan menanyangkan gambar tentang kegiatan penduduk pedesaan dan perkotaan.
Peserta didik menulis hal-hal yang ingin diketahui dari tayangan gambar terkait dengan komposisi penduduk berdasarkan wilayah geografis desa dan kota melalui lembar kerja. Contoh: komposisi penduduk berdasarkan wilayah geografis desa dan kota.
(2)    Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik merumuskan hal-hal yang ingin diketahui berdasar pengamatan tayangan gambar tentang kegiatan penduduk pedesaan dan perkotaan. Contoh:
Bagaimana perbedaan ciri-ciri masyarakat kota dengan masyarakat desa?
Mengapa masyarakat cenderung memilih tinggal di kota?
Bagaimana upaya mengatasi penduduk supaya tinggal di desa?
Guru bersama peserta didik menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.

(3) Pengumpulan Data/informasi
·         Peserta didik dalam kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait tujuan pembelajaran melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar.
(4)    Mengasosiasi (Pengolahan Data)
·         Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan pembelajaran.
(5)    Mengomunikasikan
a.     Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok 1 & 2, siswa yang lain menanggapi, bertanya dan menjawab.
b.     Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa dengan sumber referensi yang ada.
c.     Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa sebagai kesimpulan.
d.     Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c.     Kegiatan Penutup
a      Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
b      Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
c      Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
d      Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
e      Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang peduli dan kejujuran
f       Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi tentang Mobilitas Penduduk Antar Wilayah di Indonesia.

H.      Penilaian
1.   Kompetensi Sikap Spiritual
a.   Teknik Penilaian: Observasi
b.   Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.   Kisi-kisi:
No
Butir Nilai
Indikator
Juml butir instrumen
1
Menghargai karuniaTuhan
YME yang telah menciptakan
Keunggulan lokasi Indonesia
Mengucapkan rasa syukur atas
keunggulan lokasi melalui do’a syukur.
1


Bersemangat dalam mengikuti
proses pembelajaran keunggulan lokasi
1

d.   Instrumen: lihat Lampiran
e.   Petunjuk Penentuan Nilai: Lihat Lampiran
2.     Kompetensi Sikap Sosial
a.   Teknik Penilaian: Observasi
b.   Bentuk Instrumen: Lembar observasi







c.   Kisi-kisi:
NO.
Butir Nilai (Sikap)
Indikator
Butir Instrumen


Menunjukkan
Menghormati perbedaan pendapat
1


perilaku toleransi dalam

1.

interaksi sosial dengan teman sebaya







Menunjukkan
perilaku jujur dalam
interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman
sebaya.
Mampu mengekspresikan diri apa adanya.
Tidak mencontek dalam ulangan



2.


1







  1.  
Menunjukkan perilaku kerjasama dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
Membantu teman yang kesulitan menyelesaikan tugas pembelajaran


  1.  
Menunjukkan perilaku tanggug jawab dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
Bangga sebagai bangsa Indonesia.
Melaksanakan peran masing-masing dengan baik



d.   Instrumen: lihat Lampiran
e.   Penentuan Skor: lihat lampiran

8.    Kompetensi Pengetahuan
a.    Teknik penilaian : Tes tertulis
b.    Bentuk instrumen: Tes uraian

No
Indikator
Jml soal
No Soal
1
Mengidentifikasi kepadatan penduduk
3
1-3
2
Mengidentifikasi dampak kepadatan penduduk
1
4
3
Mengidentifikasi upaya mengatasi kepadatan penduduk
1
5

c.     Instrumen: lihat Lampiran
d.    Petunjuk (Rubrik) Penentuan Skor: Lihat Lampiran

  1. Kompetensi Keterampilan
a.      Teknik Penilaian:
1)    Penilaian Produk
2)    Observasi
b.      Bentuk Instrumen:
c.       Rubrik Penilian Produk
d.      Lembar Observasi

10.       Kisi-kisi:

No
Indikator
Butir instrumen
1
Kemampuan siswa dalam diskusi dalam kelompok.

2
Mempresentasikan pengetahuan peserta didik mengenai kepadatan pendudk


c.Instrumen: lihat Lampiran
d. Petunjuk Penentuan Skor: Lihat Lampiran.



           Pati, 14 Juli 2014
                                               
Mengetahui
Kepala SMP Al Hikmah Kawunganten                                       Guru Mata Pelajaran



Akhmad Marzuki, S.Ag.                                                              Insan Prasetiyo,S.Pd.
NIP.                                                                                          NIP.




































RPP Kurikulum 2013 Lampiran 1: Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama
Sikap Spiritual
Sikap Sosial
Total Nilai
Kriteria
Mensyukuri Keunggulan lokasi
Semangatdlm belajar
Peduli
Toleransi
Kerjasama
Tanggung jawab
1-4
1-4
1-4
1-4
1-4
1-4


1









2









3









4









5









6









7









8









9









10









Dst










Keterangan Penskoran:
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap yang diamati
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspeksikap yang diamatidan kadang-kadang tidak sesuai
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikapdan sering tidak sesuai aspek sikap yang diamati
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap yangdiamati

Pedoman Penskoran:
Nilai sikap siswa:
 x 6   atau skor yang diperoleh di bagi 6





Lampiran 2: Instrumen Penilaian Pengetahuan
a.     Penilaian Pengetahuan

No
Butir Pertanyaan
1
Sebutkan faktor penyebab kepadatan penduduk?
2
Mengapa kepadatan penduduk terjadi dikota?
3
Hitunglah kepadatan penduduk Indonesia tiap propinsi jika diketahui jumlah penduduk dan luas wilayah tiap propinsi!
4
Sebutkan dampak positif dan negatif dari kepadatan penduduk?
5
Sebutkan cara mengatasi kepadatan penduduk!

Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 10, maka
Nilai pengetahuan = Jumlah nilai yang diperoleh
Kunci Jawaban
No
Butir Pertanyaan
Kunci Jawaban
Bobot
Skor
1
Sebutkan faktor penyebab kepadatan penduduk?

10
10
2
Mengapa kepadatan penduduk terjadi dikota?

10
10
3
Hitunglah kepadatan penduduk Indonesia tiap propinsi jika diketahui jumlah penduduk dan luas wilayah tiap propinsi!

10
10
4
Sebutkan dampak positif dan negatif dari kepadatan penduduk?

10
10
5
Sebutkan cara mengatasi kepadatan penduduk!

10
10
Total Bobot
50
50
Pedoman Penskoran :

Nilai Akhir Siswa  =
 x 100   atau skor yang diperoleh di bagi 10

























Lampiran 3: Penilaian Kompetensi Keterampilan
Rubrik Penilaian Keterampilan (Presentasi)
No
Nama peserta didik
Kemampuan presentasi (1-4)
Kemampuan bertanya
(1-4)
Kemampuan menjawab
(1-4)
Jumlah nilai


















































Dst






Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4= Amat Baik
 x 3    atau skor yang diperoleh di bagi 3
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
Nama
Mengomuni
kasikan
(1-4)
Mendengar
kan
(1-4)
Berargu
mentasi
(1-4)
Berkontri
busi
(1-4)
Jumlah nilai
1





2






3






4






5






6






7






8






9






10






Dst







Keterangan :
Keterangan :
Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4= Amat Baik
 x 4  atau skor yang diperoleh di bagi 4
Tabel :Konversi Penilaian Kompetensi Sikap sesuai permendikbud no 81 A/ th 2013

No.
Skor
Predikat
1
3,50 < x ≤ 4,00
SangatBaik (SB)
2
2,50 < x ≤ 3,50
Baik (B)
3
1,50 < x ≤ 2,50
Cukup (C)
4
1,00 < x ≤ 1,50
Kurang (K)

Tabel : KonversiPenilaianKompetensi Pengetahuan
No.
Interval Nilai Pengetahuan
(KI 4)
Predikat
1
3,83 < x ≤ 4,00
A
2
3,50< x ≤ 3,83
A-
3
3,17< x ≤ 3,50
B+
4
2,83< x ≤ 3,17
B
5
2,50< x ≤ 2,83
B-
6
2,17< x ≤ 2,50
C+
7
1,83 < x ≤ 2,17
C
8
1,50< x ≤ 1,83
C-
9
1,17< x ≤ 1,50
D+
10
1,00 ≤ x ≤ 1,17
D










LAMPIRAN 1C

INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL

(LEMBAR PENILAIAN DIRI)



A.   Petunjuk Umum

1.   Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Penilaian Diri.

2.   Instrumen ini diisi oleh PESERTA DIDIK untuk menilai dirinya sendiri.

B. Petunjuk Pengisian

1.     Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nilailah sikap diri kalian sendiri dengan mem-beri tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut:

4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang dinyatakan

3 = apabila SERING melakukan perilaku yang dinyatakan

2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku dinyatakan 1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang dinyatakan

2.     Kolom SKOR dan KETUNTASAN diisi oleh guru.





















C. Lembar Penilaian Diri



LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama

: ...
Kelas/Nomor Urut

: …
Semester

: ...
TahunPelajaran

: …
Hari/Tanggal Pengisian
: …
Butir Nilai
: Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungan.
Indikator Sikap

: CONTOH

1.   Mengucapkan rasa syukur atas keberadaan keberagaman SDA melalui do’a syukur.

2.   Bersemangat memelajari kegiatan ekonomi dalam pemanfatan SDA





1 komentar: