RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Al Hikmah Kawunganten
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
VII/1
Tema : 2.
Keadaan Penduduk Indonesia
Sub Tema :
Ciri-Ciri atau Karakteristik Penduduk Indonesia
Pertemuan Ke :
1-7
Alokasi
Waktu : 14 jp ( 7 x 80 menit)
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
- KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KompetensiDasar
|
Indikator
|
1.1.
MenghargaikaruniaTuhan Yang
MahaEsa yang telahmenciptakanwaktudengansegalaperubahannnya
|
1.1.1.
Mengucapkan rasa
syukurataskeberadaandankeberagamansumberdaya
1.1.2.
manusiamelaluidoasyukur
1.1.3.
Bersemangatdalammengikuti
proses pembelajarantentangpenduduk Indonesia
|
2.1. Menghargaiajaran agama
dalamberfikirdanberperilakusebagaipenduduk Indonesia
denganmempertimbangkankelembagaansosial, budaya, ekonomi,
danpolitikdalammasyarakat
2.2. Menunjukkanperilaku rasa
ingintahu, peduli, menghargai, danbertanggungjawabterhadapkelembagaansosial,
budaya, ekonomi, danpolitik
|
2.1.1. Tidakmenyelapembicaraan guru atautemanpadawaktu yang tidaktepat
2.1.2. Berbicaradengatutur kata
yang halus
2.2.1. Membantuteman yang
kesulitanmenyelesaikantugaspembelajaran
2.2.2. Membantuteman yang kesulitandalammemahamimateripembelajaran
|
3.1. Memahamiaspekkeruangandankonektitivitasantarruangdanwaktudalamlingkung
regional sertaperubahandankeberlanjutankehidupanmanusia (ekonomi, sosial,
budaya, ekonomi, danpolitik)
3.3. Memahamijenis-jeniskelembagaansosial, budaya, ekonomi, danpolitik
|
3.1.1
Menjelaskanpengertianjumlahdankepadatanpenduduk
Indonesia
3.1.2 Mendeskripsikanfaktorpenyebabterjadinyakepadatanpendudukditinjau
3.1.3 dariaspekekonomi,
sosial, budaya, danpolitik
3.1.4 Menjelaskan komposisi pendidikan
penduduk Indonesia.
3.1.5 Menjelaskan komposisi menurut
agama penduduk di Indonesia.
3.1.6 Menjelaskan komposisi
menurut bidang usaha.
3.1.7 Menjelaskan komposisi
penduduk berdasarkan wilayah Geografis Desa dan Kota.
3.3.1
Mendeskripsikandampakterjadinyakepadatanpendudukterhadap
3.3.2
keadaanekonomi, sosial, budaya, danpolitik
3.3.3
Mendeskripsikanupayamengatasikepadatanpenduduk
3.3.4
Mengidentifikasitingkatpendidikanpenduduk Indonesia
yang masih rendah.
3.3.5
Menunjukkan cara meningkatkan pendidikan semakin
berkualiatas tinggi.
3.3.6
Menunjukkan bentuk pendidikan dari masa
Praaksara,Hindu-Buddha,
3.3.7
dan Islam
yang ada di Indonesia.
3.3.8
Mengidentifikasi agama yang dianut oleh penduduk
Indonesia.
3.3.9
Menunjukkan tempat ibadah dan nama agama yang
menggunakannya.
3.3.10
Menunjukkan cara agar terjadi kerukunan antar umat
beragama.
3.3.11
Mengidentifikasi komposisi penduduk Indonesia
menurut bidang usaha.
3.3.12
Mengidentifikasi masyarakat kota dan desa.
|
4.1. Menyajikanhasiltelaahaspekkeruangandankonektivitassosial, budaya, ekonomi,
danpolitik
4.2 Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami
jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik di lingkungan
masyarakat sekitar
|
4.1.1 Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusi kepadatan
penduduk
beberapa kota di Pulau Jawa.
4.1.2 Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusi karakteristik
komposisi
pendidikan penduduk Indonesia.
4.1.3Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusikomposisi
penduduk berdasarkan agama.
4.1.4 Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusikomposisi
penduduk menurut
bidang usahanya.
4.1.5 Menyajikan laporan secara tertulis hasil diskusikomposisi
penduduk berdasarkan
wilayah geografis desa dan kota.
4.2.1 Mempresentasikan laporan
hasil diskusi dan pengamatan tabel mengenai
kepadatan penduduk beberapa kota di Pulau Jawa.
4.2.2 Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankarakteristik
komposisi
pendidikan penduduk Indonesia.
4.2.3 Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankomposisi penduduk
berdasarkan agama.
4.2.4 Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankomposisi penduduk
berdasarkan bidang usahanya.
4.2.5 Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankomposisi penduduk
berdasarkan wilayah geografis desa
dan kota.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pengamatan siswa dapat :
1. Kompetensi
Sikap Spiritual
a.
Mengucapkan rasa syukur kepadaTuhan YME yang
telahmenciptakankeragamansuku, etnis, sosialbudayabagiBangsa Indonesia
dengankhikmat.
b.
Bersemangat dalam
mengikuti proses pembelajaran memelihara hubungan baik dengan teman.
- Kompetensi Sikap Sosial
a.
Memiliki sikap rasa ingin
tahu dalam mengikuti pembelajaran.
b.
Memiliki sikap peduli
dengan lingkungan sekitar.
c.
Memiliki sikap kerja sama
dengan teman sebaya.
d.
Memiliki sikap menghargai
pendapat orang lain.
e.
Memiliki sikap bertanggung
jawab dalam kehidupan.
- Kompetensi Pengetahuan
Setelah mengikuti proses pembelajaran,
peserta didik dapat:
a. Mendeskripsikanjumlahdankepadatanpenduduk Indonesia
b. Menganalisa
jumlahdankepadatanpenduduksuatudaerah
di Indonesia
c. Mendeskripsikanfaktorpenyebabterjadinyakepadatanpenduduk di
beberapakota di Indonesia dengantepat
d. Mendeskripsikandampakterjadinyakepadatanpendudukterhadapaspekekonomi,
sosial, budaya, danpolitik
e. Mendeskripsikanupayamengatasikepadatanpenduduk
f.
Menjelaskankomposisipendidikanpenduduk Indonesia.
g.
Menjelaskan komposisi menurut agama
penduduk di Indonesia.
h.
Menjelaskan komposisi menurut bidang
usaha.
i.
Menjelaskan komposisi penduduk
berdasarkan wilayah Geografis Desa dan Kota.
j.
Mengidentifikasitingkatpendidikanpenduduk
Indonesia yang masih rendah.
k.
Menunjukkan cara meningkatkan
pendidikan semakin berkualiatas tinggi.
l.
Menunjukkan bentuk pendidikan dari
masa Praaksara,Hindu-Buddha, dan Islam yang ada di Indonesia.
m.
Mengidentifikasi agama yang dianut
oleh penduduk Indonesia.
n.
Menunjukkan tempat ibadah dan nama
agama yang menggunakannya.
o.
Menunjukkan cara agar terjadi
kerukunan antar umat beragama.
p.
Mengidentifikasi komposisi penduduk
Indonesia menurut bidang usaha.
q.
Mengidentifikasi masyarakat kota dan
desa.
- Kompetensi Keterampilan
Setelah mengikuti proses pembelajaran,
peserta didik dapat:
a.
Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatanjumlah dan kepadatan penduduk
Indonesia.
b. Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankarakteristikkomposisi
pendidikan penduduk Indonesia.
c. Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankomposisipenduduk
berdasarkan agama.
d. Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankomposisipenduduk
berdasarkan bidang usahanya.
e.
Mempresentasikanlaporanhasildiskusidanpengamatankomposisipenduduk
berdasarkan
wilayah geografis desa dan kota.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.
JumlahdanKepadatanPenduduk Indonesia
2.
Komposisi Menurut Pendidikan
3.
Komposisi Menurut Agama
4.
Komposisi Menurut Bidang Usaha
5.
Komposisi Menurut
Berdasarkan Wilayah Geografis Desa dan Kota
E. METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model :
Problem Based Learning
3.
Metode : Diskusi
F. MEDIA
PEMBELAJARAN:
1. Media : GambarPermukimanPadatPenduduk,
TabelKepadatanPenduduk
2. Alat /Bahan : Komputer/laptop, LCD,Internet
3. Sumber belajar : Buku siswa, LembarKerja, buku guru
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
1.
Pertemuan
Kesatu
a.
Pendahuluan
1)
Guru
memberi salam.
2)
Guru
mengecek kehadiran siswa.
3)
Guru
menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari dan
memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
5)
Peserta didik dibagi menjadi beberapa
kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.
b. Kegiatan
inti
(1)
Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Guru memberi
stimulasi dengan memutarkan video kepadatan penduduk.(akibat kepadatan jumlah
penduduk.mp4)
Peserta didik
menulis hal-hal yang ingin diketahui dari tayangan video terkait dengan kepadatan
penduduk melalui lembar kerja. Contoh: dampak kepadatan penduduk.
(2)
Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik
merumuskan hal-hal yang ingin diketahui berdasar pengamatan tayangan video
Contoh:
Bagaimana bisa terjadi
kepadatan penduduk?
Menanyakan
jumlah penduduk yang terpadat dan terjarang di
Indonesia.
Bagaimana
kepadatan penduduk kota dibandingkan
dengan desa?
Apa dampak
positif dari kepadatan penduduk?
Apa dampak
negatif dari kepadatan penduduk?
Bagaimana upaya
mengatasi dampak negatif dari kepadatan penduduk?
Guru bersama peserta didik
menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi
pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
(3)
Pengumpulan Data/informasi
·
Peserta
didik dalam kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait
tujuan pembelajaran melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar.
(4)
Mengasosiasi (Pengolahan Data)
·
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar untuk
membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan
tujuan pembelajaran.
c. Kegiatan
Penutup
1)
Peserta
didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)
Guru
memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)
Pesera
didik diberi pertanyaan lisan.
4)
Peserta
didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan
penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)
Peserta
didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang peduli dan kejujuran
6)
Guru
memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi tentang
kepadatan penduduk di wilayah Rt masing-masing.
2.
Pertemuan
Kedua
a.
Pendahuluan
1)
Guru
memberi salam.
2)
Guru
mengecek kehadiran siswa.
3)
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4)
Peserta
didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)
Guru memberi stimulasi dengan menyanyikan lagu 135 juta dari Rhoma Irama.
b.
Kegiatan inti
Pembelajaran melanjutkan kegiatan pertemuan sebelumnya,
yakni langkah ke:
(3)
Pengumpulan Data/informasi
Peserta didik dalam
kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait tujuan
pembelajaran melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar.
(4)
Mengasosiasi (Pengolahan Data)
Peserta didik
mengolah informasi yang diperoleh melalui
membaca buku referensi
yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar untuk membuat kesimpulan
dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan
pembelajaran.
c.
Kegiatan Penutup
1)
Peserta
didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)
Guru
memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)
Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
4)
Peserta
didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan
penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)
Peserta
didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang tanggung jawab.
3.
Pertemuan
Ketiga
a.
Pendahuluan
1)
Guru
memberi salam.
2)
Guru
mengecek kehadiran siswa
3)
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4)
Peserta
didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)
Guru memberi stimulasi dengan video dari BKKBN.
(5) Mengomunikasikan
a) Siswa mempresentasi hasil diskusi masing-masing
kelompok, siswa yang lain menanggapi,
bertanya dan menjawab.
b) Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa
dengan sumber referensi yang ada.
c) Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa
sebagai kesimpulan.
d) Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c.
Kegiatan Penutup
1)
Peserta
didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)
Guru
memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)
Pesera
didik diberi pertanyaan lisan.
4)
Peserta
didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan
penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5)
Guru
memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi tentang
komposisi penduduk Indonesia.
4.
Pertemuan Keempat
a.
Pendahuluan
1)
Guru memberi salam.
2)
Guru mengecek kehadiran siswa.
3)
Guru menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang
akan dipelajari dan memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan
dipelajari.
4)
Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan
pembelajaran dari guru.
5)
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok
terdiri atas 4-5 orang.
b.
Kegiatan inti
(1) Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Guru memberi stimulasi
dengan menayangkan gambar daftar tingkat pendidikan di Indonesia.
Peserta didik menulis
hal-hal yang ingin diketahui dari tayangan gambar berdasarkan tingkat
pendidikan seseorang.
melalui lembar kerja.
(2) Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik merumuskan
hal-hal yang ingin diketahui berdasar pengamatan tayangan gambar Contoh:
Mengapa tingkat pendidikan
sebagian penduduk Indonesia masih rendah ?
Bagaimana cara yang dapat
dilakukan agar negara Indonesia dapat meningkatkan partisipasi pendidikannya?
Bagaimana keadaan atau
bentuk pendidikan dari masa pra aksara,Hindu- Budha ,dan Islam yang terjadi di
sekitar tempat tinggal siswa ?
(mengamati dan menalar)
Guru bersama peserta didik
menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi
pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
(3) Pengumpulan Data/informasi
Peserta didik dalam
kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait tujuan
pembelajaran melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati
lingkungan sekitar.
(4) Mengasosiasi (Pengolahan Data)
Peserta didik mengolah
informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan
mengamati lingkungan sekitar untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan
yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan pembelajaran.
(5) Mengomunikasikan
a.
Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok 1 & 2, siswa yang
lain menanggapi, bertanya dan menjawab.
b.
Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa dengan sumber
referensi yang ada.
c.
Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa sebagai kesimpulan.
d.
Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c.
Kegiatan Penutup
a.
Peserta
didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
b.
Guru
memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
c.
Pesera
didik diberi pertanyaan lisan.
d.
Peserta
didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan
penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
e.
Peserta
didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang peduli dan kejujuran
f.
Guru
memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi tentang
komposisi penduduk menurut agama di wilayah Rt masing-masing.
5.
Pertemuan Kelima
a.
Pendahuluan
1)
Guru
memberi salam.
2)
Guru
mengecek kehadiran siswa.
3)
Guru
menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari dan
memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4)
Peserta
didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)
Peserta didik dibagi menjadi beberapa
kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.
b.
Kegiatan inti
(1) Mengamati
(Stimulasi/pemberian rangsangan)
Guru memberi
stimulasi dengan menanyangkan gambar tentang tingkat pendidikan dan tabel
tingkat pendidikan penduduk.
Peserta didik
menulis hal-hal yang ingin diketahui dari tayangan gambar dan tabel terkait
dengan komposisi menurut agama penduduk melalui lembar kerja. Contoh: komposisi
pendidikan penduduk Indonesia.
(2) Menanya
(Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik
merumuskan hal-hal yang ingin diketahui berdasar pengamatan tayangan gambar dan
tabel komposisi menurut agama penduduk Contoh:
Setiap kelompok di bagi
data tentang agama yang dianut penduduk di Indonesia dan peta Indonesia,
kemudian mengamati data tesebut
Peserta didik mengamati
data komposisi penduduk berdasarkan agama pada sejumlah pulau besar di
Indonesia dari buku siswa halaman 59-60
Pulau manakah penganut
agama Islam terbanyak?
Pulau manakah penganut
agama Kristen terbanyak?
Pulau manakah penganut
agama Hindu terbanyak?
Guru bersama peserta didik
menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi
pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
(3) Pengumpulan
Data/informasi
·
Peserta
didik dalam kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait
tujuan pembelajaran melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar.
(4) Mengasosiasi (Pengolahan Data)
Peserta didik
mengolah informasi yang diperoleh melalui
membaca buku referensi
yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar untuk membuat kesimpulan
dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan
pembelajaran.
(5) Mengomunikasikan
a.
Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok 1 & 2, siswa yang
lain menanggapi, bertanya dan menjawab.
b.
Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa dengan sumber
referensi yang ada.
c.
Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa sebagai kesimpulan.
d.
Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c.
Kegiatan Penutup
a.
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang
belum dipahami.
b.
Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh
peserta didik.
c.
Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
d.
Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses
pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang
digunakan.
e.
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang peduli
dan kejujuran
f.
Guru memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari
informasi tentang komposisi penduduk menurut bidang usaha di wilayah Rt
masing-masing.
6.
Pertemuan Keenam
a.
Pendahuluan
1)
Guru
memberi salam.
2)
Guru
mengecek kehadiran siswa.
3)
Guru
menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari dan
memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4)
Peserta
didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)
Peserta didik dibagi menjadi beberapa
kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.
b. Kegiatan inti
(1) Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Guru memberi
stimulasi dengan menanyangkan gambar tentang tingkat bidang usaha dan tabel
tingkat bidng usaha penduduk.
Peserta didik
menulis hal-hal yang ingin diketahui dari tayangan gambar dan tabel terkait
dengan komposisi menurut bidang uasaha penduduk melalui lembar kerja. Contoh:
komposisi menurut bidng usaha penduduk Indonesia.
(2) Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik
merumuskan hal-hal yang ingin diketahui berdasar pengamatan tayangan gambar dan
tabel komposisi menurut agama penduduk Contoh:
Mayoritas penduduk Indonesia
bekerja dalam sektor apa?
Apa pekerjaan penduduk usia 15 tahun ke atas menurut lapangan kerja utama?
Guru bersama peserta didik
menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi
pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
(3) Pengumpulan
Data/informasi
·
Peserta
didik dalam kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait
tujuan pembelajaran melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar.
·
Masing - masing
kelompok diminta untuk memberikan
gagasan kreatif tentang upaya
meningkatkan kesejahteraan petani.
(4) Mengasosiasi (Pengolahan Data)
·
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar untuk
membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan
tujuan pembelajaran.
(5) Mengomunikasikan
a.
Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok 1 & 2, siswa yang lain
menanggapi, bertanya dan menjawab.
b.
Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa dengan sumber referensi
yang ada.
c.
Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa sebagai kesimpulan.
d.
Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c. Kegiatan Penutup
a
Peserta
didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
b
Guru
memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
c
Pesera
didik diberi pertanyaan lisan.
d
Peserta
didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan
penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
e
Peserta
didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang peduli dan kejujuran
f
Guru
memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi tentang
komposisi penduduk berdasarkan wilayah geografis desa dan kota.
7.
Pertemuan Ketujuh
a.
Pendahuluan
1)
Guru
memberi salam.
2)
Guru
mengecek kehadiran siswa.
3)
Guru
menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari dan
memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4)
Peserta
didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
5)
Peserta didik dibagi menjadi beberapa
kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.
b. Kegiatan inti
(1) Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Guru memberi
stimulasi dengan menanyangkan gambar tentang kegiatan penduduk pedesaan dan
perkotaan.
Peserta didik
menulis hal-hal yang ingin diketahui dari tayangan gambar terkait dengan komposisi
penduduk berdasarkan wilayah geografis desa dan kota melalui lembar kerja.
Contoh: komposisi penduduk berdasarkan wilayah geografis desa dan kota.
(2) Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik
merumuskan hal-hal yang ingin diketahui berdasar pengamatan tayangan gambar
tentang kegiatan penduduk pedesaan dan perkotaan. Contoh:
Bagaimana perbedaan ciri-ciri masyarakat
kota dengan masyarakat desa?
Mengapa masyarakat cenderung memilih tinggal
di kota?
Bagaimana upaya mengatasi penduduk supaya
tinggal di desa?
Guru bersama peserta didik
menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan
yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
(3) Pengumpulan
Data/informasi
·
Peserta
didik dalam kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait
tujuan pembelajaran melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar.
(4) Mengasosiasi (Pengolahan Data)
·
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar untuk
membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan
tujuan pembelajaran.
(5) Mengomunikasikan
a.
Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok 1 & 2, siswa yang lain
menanggapi, bertanya dan menjawab.
b.
Siswa bersama guru mengklarifikasi jawaban siswa dengan sumber referensi
yang ada.
c.
Guru memberi penguatan terhadap jawaban siswa sebagai kesimpulan.
d.
Siswa mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c. Kegiatan Penutup
a
Peserta
didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
b
Guru
memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
c
Pesera
didik diberi pertanyaan lisan.
d
Peserta
didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan
penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
e
Peserta
didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang peduli dan kejujuran
f
Guru
memberi penugasan kepada peserta didik untuk mencari informasi tentang
Mobilitas Penduduk Antar Wilayah di Indonesia.
H.
Penilaian
1.
Kompetensi
Sikap Spiritual
a.
Teknik
Penilaian: Observasi
b.
Bentuk
Instrumen: Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
No
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Juml butir instrumen
|
1
|
Menghargai
karuniaTuhan
YME yang telah menciptakan
Keunggulan lokasi Indonesia
|
Mengucapkan rasa
syukur atas
keunggulan lokasi melalui
do’a syukur.
|
1
|
|
|
Bersemangat dalam
mengikuti
proses
pembelajaran keunggulan lokasi
|
1
|
d.
Instrumen:
lihat Lampiran
e.
Petunjuk
Penentuan Nilai: Lihat Lampiran
2.
Kompetensi
Sikap Sosial
a.
Teknik
Penilaian: Observasi
b.
Bentuk
Instrumen: Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
Butir Nilai (Sikap)
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
|
|
Menunjukkan
|
Menghormati perbedaan pendapat
|
1
|
|
|
perilaku toleransi dalam
|
|
||
1.
|
|
|||
interaksi sosial dengan teman
sebaya
|
|
|||
|
||||
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan
perilaku jujur dalam
interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman
sebaya.
|
Mampu mengekspresikan diri apa
adanya.
Tidak mencontek dalam ulangan
|
|
|
2.
|
|
|
||
1
|
|
|||
|
|
|
||
|
|
|
||
|
Menunjukkan perilaku kerjasama
dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
Membantu teman yang kesulitan
menyelesaikan tugas pembelajaran
|
|
|
|
Menunjukkan perilaku tanggug
jawab dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
Bangga sebagai bangsa
Indonesia.
Melaksanakan peran
masing-masing dengan baik
|
|
|
d.
Instrumen:
lihat Lampiran
e.
Penentuan
Skor: lihat lampiran
8.
Kompetensi
Pengetahuan
a.
Teknik
penilaian : Tes tertulis
b.
Bentuk
instrumen: Tes uraian
No
|
Indikator
|
Jml soal
|
No Soal
|
1
|
Mengidentifikasi kepadatan penduduk
|
3
|
1-3
|
2
|
Mengidentifikasi dampak kepadatan penduduk
|
1
|
4
|
3
|
Mengidentifikasi upaya mengatasi kepadatan penduduk
|
1
|
5
|
c.
Instrumen:
lihat Lampiran
d.
Petunjuk
(Rubrik) Penentuan Skor: Lihat Lampiran
a.
Teknik
Penilaian:
1)
Penilaian
Produk
2)
Observasi
b.
Bentuk
Instrumen:
c.
Rubrik
Penilian Produk
d.
Lembar
Observasi
10.
Kisi-kisi:
No
|
Indikator
|
Butir instrumen
|
1
|
Kemampuan siswa
dalam diskusi dalam kelompok.
|
|
2
|
Mempresentasikan
pengetahuan peserta didik mengenai kepadatan pendudk
|
|
c.Instrumen: lihat Lampiran
d. Petunjuk Penentuan
Skor: Lihat Lampiran.
Pati, 14 Juli 2014
Mengetahui
Kepala SMP Al
Hikmah Kawunganten Guru Mata Pelajaran
Akhmad Marzuki, S.Ag. Insan Prasetiyo,S.Pd.
NIP. NIP.
RPP Kurikulum 2013 Lampiran 1: Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap
Spiritual dan Sosial
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Sikap Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Total Nilai
|
Kriteria
|
||||
Mensyukuri Keunggulan lokasi
|
Semangatdlm belajar
|
Peduli
|
Toleransi
|
Kerjasama
|
Tanggung
jawab
|
||||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penskoran:
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek
sikap yang diamati
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai
aspeksikap yang diamatidan kadang-kadang tidak sesuai
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap
sesuai aspek sikapdan sering tidak sesuai aspek sikap yang diamati
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai
aspek sikap yangdiamati
Pedoman Penskoran:
Nilai sikap siswa:
Lampiran 2: Instrumen Penilaian Pengetahuan
a.
Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Sebutkan
faktor penyebab kepadatan penduduk?
|
2
|
Mengapa
kepadatan penduduk terjadi dikota?
|
3
|
Hitunglah
kepadatan penduduk Indonesia tiap propinsi jika diketahui jumlah penduduk dan
luas wilayah tiap propinsi!
|
4
|
Sebutkan
dampak positif dan negatif dari kepadatan penduduk?
|
5
|
Sebutkan cara mengatasi
kepadatan penduduk!
|
Keterangan:
Tiap nomor diberi nilai 10, maka
Nilai pengetahuan = Jumlah nilai yang diperoleh
Kunci Jawaban
No
|
Butir
Pertanyaan
|
Kunci
Jawaban
|
Bobot
|
Skor
|
1
|
Sebutkan faktor penyebab kepadatan
penduduk?
|
|
10
|
10
|
2
|
Mengapa kepadatan penduduk terjadi dikota?
|
|
10
|
10
|
3
|
Hitunglah kepadatan penduduk Indonesia
tiap propinsi jika diketahui jumlah penduduk dan luas wilayah tiap propinsi!
|
|
10
|
10
|
4
|
Sebutkan dampak positif dan negatif dari
kepadatan penduduk?
|
|
10
|
10
|
5
|
Sebutkan cara mengatasi kepadatan
penduduk!
|
|
10
|
10
|
Total Bobot
|
50
|
50
|
Pedoman Penskoran :
Nilai Akhir Siswa =
Lampiran 3: Penilaian Kompetensi
Keterampilan
Rubrik Penilaian
Keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama peserta didik
|
Kemampuan presentasi (1-4)
|
Kemampuan bertanya
(1-4)
|
Kemampuan menjawab
(1-4)
|
Jumlah nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
Nilai terentang antara 1 – 4
1 =
Kurang
2 =
Cukup
3 = Baik
4= Amat
Baik
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama
|
Mengomuni
kasikan
(1-4)
|
Mendengar
kan
(1-4)
|
Berargu
mentasi
(1-4)
|
Berkontri
busi
(1-4)
|
Jumlah nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Keterangan :
Nilai terentang antara 1 – 4
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4= Amat Baik
No.
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
3,50 <
x ≤ 4,00
|
SangatBaik (SB)
|
2
|
2,50 <
x ≤ 3,50
|
Baik (B)
|
3
|
1,50 <
x ≤ 2,50
|
Cukup (C)
|
4
|
1,00 <
x ≤ 1,50
|
Kurang (K)
|
Tabel : KonversiPenilaianKompetensi
Pengetahuan
No.
|
Interval Nilai Pengetahuan
(KI 4)
|
Predikat
|
1
|
3,83 < x ≤ 4,00
|
A
|
2
|
3,50< x ≤ 3,83
|
A-
|
3
|
3,17< x ≤ 3,50
|
B+
|
4
|
2,83< x ≤ 3,17
|
B
|
5
|
2,50< x ≤ 2,83
|
B-
|
6
|
2,17< x ≤ 2,50
|
C+
|
7
|
1,83 < x ≤ 2,17
|
C
|
8
|
1,50< x ≤ 1,83
|
C-
|
9
|
1,17< x ≤ 1,50
|
D+
|
10
|
1,00 ≤ x ≤ 1,17
|
D
|
INSTRUMEN PENILAIAN
KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)
A.
Petunjuk
Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Penilaian Diri.
2.
Instrumen
ini diisi oleh PESERTA DIDIK untuk menilai dirinya sendiri.
B.
Petunjuk
Pengisian
1.
Berdasarkan
perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nilailah sikap diri kalian sendiri
dengan mem-beri tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar
Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU
melakukan perilaku yang dinyatakan
3 = apabila SERING
melakukan perilaku yang dinyatakan
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku dinyatakan 1=
apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang dinyatakan
2.
Kolom
SKOR dan KETUNTASAN diisi oleh guru.
C. Lembar Penilaian Diri
|
|
LEMBAR PENILAIAN DIRI
|
Nama
|
|
: ...
|
Kelas/Nomor Urut
|
|
: …
|
Semester
|
|
: ...
|
TahunPelajaran
|
|
: …
|
Hari/Tanggal Pengisian
|
: …
|
|
Butir Nilai
|
: Menghargai karunia Tuhan
YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungan.
|
|
Indikator Sikap
|
|
: CONTOH
|
1.
Mengucapkan
rasa syukur atas keberadaan keberagaman SDA melalui do’a syukur.
2.
Bersemangat
memelajari kegiatan ekonomi dalam pemanfatan SDA
izin dijadikan referensi pak. Terima kasih
BalasHapus